Solusi Lengkap Download, Dapatkan Informasi dan Artikel Menarik

Tips Mendapatkan Trek Drum Berkualitas dengan Tanpa Drum


Virtual drum menjadi sebuah solusi yang inovatif bagi para pembuat musik yang menginginkan trek drum dalam musiknya namun tidak memiliki kit drum sesungguhnya. Penggunaan virtual drum juga akan mempermudah dalam proses pembuatan musik karena berbeda dengan drum asli yang membutuhkan teknik perekaman tingkat tinggi dengan bantuan microphone dan teknik penempatan microphone yang rumit serta membutuhkan studio yang bagus, dengan virtual drum ini anda hanya perlu duduk didepan komputer dan membuat pola atau pattern drum yang anda inginkan melalui klik saja.
Bagi studio rumahan, virtual drum menjadi alternatif terbaik yang murah dan tentunya mudah. Meskipun hanya berupa virtual drum, namun kualitas trek yang dihasilkan tidak kalah dengan drum asli karena pada dasarnya, virtual drum diambil dari sampel drum asli dengan teknik perekaman tingkat tinggi yang telah dilakukan oleh produsen atau pengembang softwarenya sedangkan anda hanya perlu menggunakannya saja. Untuk membuat trek drum yang berkualitas diperlukan beberapa tips dan trik berikut.

Buat Bagian Drum Anda Sendiri

Banyak program drum virtual yang secara otomatis akan memainkan drum dan membuatkannya untuk anda. Namun karena itu mesin yang bekerja, hasilnya tidak akan semaksimal jika anda membuat sendiri trek drum yang anda inginkan dan disesuaikan dengan musik yang ada. Meskipun hal itu akan menyita waktu anda, namun itu akan memberikan hasil yang jauh lebih baik dan natural daripada anda menggunakan sampel otomatis. Dalam virtual drum, anda memiliki kontrol dengan fleksibilitas yang tinggi untuk mendapatkan alur drum yang anda inginkan. Hal ini juga akan memberikan anda keterampilan dalam pembuatan perkusi untuk sebuah musik dan anda juga akan mengetahui seluk beluk dari musik yang anda buat. Dalam pembuatan trek, anda dapat menggunakan semacam piano roll atau editor yang disediakan atau anda juga dapat menggunakan MIDI controller. Apapun metode yang digunakan, membuat drum kit sendiri adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Hal berikutnya yang perlu anda lakukan adalah memastikan tempo dari trek yang anda buat dan pastikan temponya selaras dengan musik yang ada.

Pengaturan Velocity

Bagaimanapun juga sebuah drum virtual pasti memiliki kelemahan dibandingkan drum asli karena pada dasarnya drum asli dimainkan secara langsung oleh ketukan tangan dan kaki manusia sedangkan drum virtual dimainkan berdasarkan sampel yang sudah ada. Ketika sampel yang sama dimainkan berulang-ulang tanpa ada variasi maka hal itu akan menyebabkan suara yang dihasilkan menjadi tidak natural karena suaranya selalu sama. Hal tersebut dapat diatasi melalui pengaturan velocity pada ketukan atau pola drum yang dibuat. Pengaturan velocity dapat dibuat acak sehingga setiap ketukan memiliki kekuatan pukulan yang berbeda dan mebuatnya terkesan lebih natural. Pada beberapa virtual drum, terdapat fitur yang otomatis untuk membuat velocity acak namun beberapa yang lain juga tidak terdapat fitur ini sehingga anda harus secara manual membuat velocity secara acak untuk sound yang lebih natural.

Pengaturan pada mixing

Setelah anda melakukan perekaman drum virtual, maka tahap selanjutnya adalah peningkatan suara melalui mixing. Sama halnya seperti pada mixing trek lain, sebaiknya dalam melakukan mixing untuk trek drum dilakukan secara terpisah dan individual untuk setiap jenis kit seperti contohnya kick, snare, tom, cymbal yang dipisah secara individu. Hal itu karena setiap kit drum tersebut memiliki rentang frekuensi yang berbeda sehingga tidak dapat anda atur secara bersamaan dengan satu pengaturan saja. Dalam pengaturannya anda dapat menambahkan tools kompresor untuk melakukan kompresi terhadap kekerasan ketukan, memasang EQ untuk mengatur boost dan reduksi pada frekuensi tertentu dimana hal ini akan sangat berpengaruh pada keharmonisan musik yang dihasilkan serta terakhir yaitu memasang reverb untuk mendapatkan ruangan suara yang lebih bervariasi. Selain pemasangan plugin, diperlukan juga pengaturan panning atau peletakan setiap kit drum untuk dihasilkan suara yang lebih luas atau 3D seperti contohnya untuk kick anda atur panning pada bagian tengah, lalu cymbal pada bagian kiri, dan sebagainya.

Bekerja dengan virtual drum memang akan lebih efisien dan mudah dalam produksi musik, namun kelemahan datang dari segi suara yang dihasilkan dimana drum virtual memiliki tingkat keaslian suara yang lebih rendah dibandingkan drum asli. Meskipun hal tersebut dapat diatasi dengan beberapa tips diatas namun keaslian drum sesungguhnya akan sulit dicapai menggunakan drum virtual. Untuk produksi musik rumahan, penggunaan drum virtual ini sudah sangat mencukupi kebutuhan trek drum dalam musik. Anda dapat memilih berbagai drum virtual yang ada dan disesuaikan dengan fitur yang anda butuhkan tentunya. Demikian artikel tentang tips dan trik dalam membuat trek drum berkualitas tanpa drum, hanya dengan menggunakan virtual drum.
-->