Review DAW Terbaik dari Apple Logic Pro 10.1


Apple menawarkan sejumlah fitur baru yang ditambahkan dan diperbaiki pada DAW terbarunya yaitu Logic Pro 10.1. Beberapa tambahan mencolok tersebut terutama dititik beratkan dalam kemudahan dalam pembuatan dance music. Namun sayangnya, Logic Pro hanya dapat dijalankan pada Mac OS 10.9 atau 10.10 sehingga untuk mendapatkan software ini anda harus memperbarui sistem operasi terlebih dahulu. Beberapa fitur baru yang ditambahkan dan diperbarui diantaranya yaitu sebagai berikut.
 

Piano Roll

Editor piano roll logic telah mendapatkan perubahan yang cukup besar dan signifikan yang membuatnya lebih ramah bagi para penggua untuk membuat musik dengan cara yang terkesan modern. Misalnya yaitu tools sepertu kuas yang ditambahkan dan memungkinkan pembuatan not baru untuk langsung diisikan ke dalam piano roll. Selain itu, kuas ini juga bisa anda gunakan untuk menghapus not yang tidak diinginkan. Pada kenyataannya, kuas ini menjadi sebuah alat yang sangat berguna untuk pengeditan dalam piano roll karena dapat berperan sebagai alat seleksi, pensil, dan penghapus.

Alat bantu lain juga ditambahkan ke dalam piano roll seperti Time Handles. Saat alat aktif, ini memungkinkan anda untuk memilih grup not, setelah itu anda dapat melakukan kompresi atau perluasan waktu pada grup not yang dipilih tersebut dengan memindahkan titik awal dan akhir. Bahkan anda juga dapat menukar posisi untuk membalikkan urutan not.
Pengeditan not drum juga akan lebih dimudahkan dengan adanya mode Note Repeater dan Spot Erase yang dapat digunakan untuk membuat dan memodifikasi ketukan secara real time saat merekam. Spot Erase juga memungkinkan anda untuk menghapus ketukan atau not yang tidak diinginkan dengan cepat.

Fitur Trim

Area lain yang mendapatkan perubahan yaitu pada fasilitas otomatisasi. Sekarang anda dimungkinkan untuk menulis otomatisasi termasuk mode trim yang memungkinkan otomasi yang ada dinaikkan atau diturunkan nilainya dengan fader. Hal ini akan sangat berguna pada situasi dimana anda menghabiskan waktu yang cukup banyak untuk melakukan hal ini secara manual. Mode pemotongan ini bersifat destruktif dan relatif yang dapat anda pilih dan sesuaikan dengan mudah.

Perbaikan Bug

Selain dari segi fungsional, perbaikan juga dilakukan pada sistemnya dimana bug yang ada pada versi sebelumnya telah diperbaiki. Perbaikan juga dilakukan pada mode pengaturan plugin yang dimudahkan dengan adanya manajer plugin yang dapat diakses dengan hanya melakukan drag & drop saja. Anda mendapatkan semua jenis efek secara default yaitu kompresor, EQ, delay, reverb, dan sebagainya. Tetapi anda juga dapat menambahkan efek lain melalui plugin eksternal yang bisa anda input.

Drum yang Berbeda

Tambahan pada Logic Pro 10.1 ini juga terjadi pada fitur drum virtual yang baru  yaitu 10 Drummer. Drum terbaru ini mengusung tema yang lebih modern yaitu musik elektronik dan techno sehingga anda akan menemukan berbagai gaya drum untuk musik elektronik dengan mudah. Namun hal itu tidak menghilangkan drum kit versi tradisionalnya sehingga bagi anda yang tidak ingin menggunakan drum bertema musik elektronik pun akan sangat bermanfaat. Kit elektronik drum yang ditambahkan menyediakan sejumlah kontrol untuk menyesuaikan masing masing suara kit drum secara individual. Dari segi drum, Logic Pro 10.1 ini memang sangat baik apalagi setelah adanya pembaruan ini membuat sampel drum yang dihasilkan lebih mengesankan.

Auto Sampler

Apple menyertakan autosampler yang memungkinkan pengguna untuk lebih mudah dalam membuat multisampel dari synth untuk digunakan dalam EXS24 yaitu melalui autosampler Redmatica. Fitur ini dapat diakses melalui menu Main Stage Utilities dan memungkinkan anda untuk membuat instrumen dengan sampel yang lebih baik. Koneksi audio dan midi yang relevan juga disertakan sehingga anda dapat menggunakan hardware MIDI anda dengan mudah pada fitur ini. Autosampler akan melakukan semua pekerjaan untuk membuat instrumen EXS multisampel berdasarkan rentang kunci atau chord dan tempo yang anda inginkan.

Perbaikan Plugin

Sebagai dari pembaruan 10.1, Apple juga telah mendesain ulang plugin Compressor dan memberikannya fitur baru yang sangat cerdas. Selain itu, plugin Retro Synth juga mengalami peningkatan lebih lanjut dalam Logic X yang memiliki kemampuan untuk membuat wavetables dari audio yang diimpor dalam mode Wave Synth. Retro Synth juga dapat menumpuk sebanyak 8 jenis suara sehingga akan menghasilkan suara yang sangat tebal.

Untuk pembaruan gratis pada pengguna Logic Pro versi sebelumnya yaitu Logic Pro 10.0, cakupan peningkatan yang sangat signifikan dan cukup besar ini seperti pada fitur dan plugin yang ada merupakan hal yang sangat baik. Namun kekurangannya yaitu anda harus memiliki Mac dengan OS 10.9 atau 10.10 sehingga untuk pengguna OS dibawah versi tersebut, anda harus melakukan pembaruan terlebih dahulu untuk dapat menikmati fitur baru dari Logic Pro 10.1.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel