Solusi Lengkap Download, Dapatkan Informasi dan Artikel Menarik

Review Software Mixing Terbaik Neutron 2 Advanced dari iZotope


Neutron 2Advanced dari iZotope adalah sebuah software mixing inovatif yang menggabungkan sejumlah 6 prosesor sinyal kuat dalam satu tampilan antarmuka visual. Terdapat dua varian dari Neutron 2 yang ditawarkan oleh iZotope yaitu Neutron 2 dan Neutron 2 Advanced. Pada artikel ini akan diulas mengenai Neutron 2 Advanced.
 
Neutron 2 Advanced memanfaatkan alur kerja yang sangat sederhana yaitu hanya dengan drag & drop untuk mengontrol fitur tangguh dari masing masing prosesornya. Keunikannya yaitu terletak pada kemampuan untuk menghubungkan semua trek pada satu sesi dengan fitur Mix Tap yang hanya ditemukan pada varian Advanced. Mix Tap adalah sebuah plugin utulitas yang memungkinkan setiap trek untuk memaksimalkan kinerja Neutron 2 tanpa harus memberatkan kinerja dari perangkat yang anda gunakan.

Meskipun terdiri dari 6 prosesor sinyal yang kaya akan fitur, tampilan Neutron 2 Advanced ternyata sangat mudah untuk dioperasikan. Prosesor utama yang tersedia di Neutron 2 Advanced meliputi Dinamic multi band EQ dengan opsi filter lanjutan, 2 buah kompresor multi band dengan variasi mode vintage dan modern, Noise gate dengan fitur dan opsi yang melimpah, transient shaper multi band dan exciter harmonic multi band. Hanya perlu melakukan drag & drop sederhana untuk mengaktifkan prosesor dan memasukkannya ke dalam rantai sinyal pada Neutron 2 Advanced. Anda juga dapat meyesuaikan level dry & wet untuk setiap prosesor menggunakan Mix Slider pada tampilan yang ada.

Bagian EQ terdapat 8 band yang sangat fleksibel untuk membantu anda memperbaiki dan meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan dari suatu trek. Anda juga dapat memilih antar filter yang flat atau resonansi dan terdapat banyak parameter lain yang bisa anda pilih. Mode dinamis memungkinkan anda untuk melakukan kontrol dengan mudah atau bahkan anda juga dapat menggunakan otomatisasi yang dapat menganalisis spektrum frekuensi secara otomatis pada saat real time.

Kompresor multi band membantu anda untuk mengontrol kekerasan dan mempertahankan sinyal dari trek. Kedua kompresor ini terdiri dari 3 band dengan masing-masing kontrol secara independen untuk menyempurnakan mixing anda. Pada bagian mode dapat anda pilih untuk mode digital atau vintage.

Noise gate secara umum diunakan untuk mengurangi dan menghilangkan noise atau pengotor yang tidak diinginkan, namun dengan kontrol lanjutan pada Neutron 2 Advanced memungkinkan anda untuk membentuk respon transient suara. Transient shaper secara khusus dapat menyempurnakan parameter attack dan mempertahankan sinyal pada 3 band yang dikontrol secara independen juga.

Pada bagian mixer, antarmuka yang ditawarkan adalah berupa mixer visual dari pencampuran yang inovatif dan memungkinkan anda untuk membuat pengaturan level, pan, dan lebar untuk setiap trek secara mudah dan fleksibel. Terdapat pula masking meter yang berfungsi untuk menyesuaikan respon frekuensi dari dua sinyal berbeda secara bersamaan dan berguna ketika menyelesaikan masalah masking, sementara Tonal Balance Control memungkinkan anda untuk menyesuaikan pengaturan EQ dari trek yang berbeda secara keseluruhan. Ini merupakan fitur dan tools yang unik dan benar benar membantu dalam menyempurnakan sebuah mixing. Selain itu, Load Tonal Balance Control pada bus master juga tersedia yang berfungsi untuk memantau sinyal keseluruhan dari hasil mixing. Anda dapat membandingkan hasil mixing anda dengan kurva target atau sampel dari suatu lagu tertentu berdasarkan analisis cerdas dan otomatis. EQ setiap channel yang terhubung dalam sistem akan memperbaiki masalah frekuensi pada mixing secara otomatis. Fitur ini tentunya sangat membantu untuk anda menemukan komposisi mixing dari sebuah lagu lain sebagai sampel.

Secara keseluruhan, Neutron 2 Advanced menampilkan berbagai modul standar seperti EQ, Compression, Transient Designer, Exciter, Limiter, dan Gating dengan masing-masing modul ini hadir di bagian atas yang dapat dengan mudah diaktifkan ataupun dimatikan serta dengan mudah disusun pada rantai sinyal dengan melakukan drag & drop. Neutron 2 Advanced menjadi lompatan besar dari Neutron versi pertama, karena tak hanya tentang plugin dan fiturnya yang melimpah, Neutron 2 Advanced juga menawarkan tampilan antarmuka yang lebih mudah untuk digunakan sehingga akan sangat membantu pemula dalam melakukan mixing.

Pada dasarnya Neutron 2 Advanced menjadi sebuah software yang akan sangat membantu anda dalam melakukan proses mixing untuk sebuah musik. Software ini memang di desain untuk proses mixing sehingga fitur fiturnya akan lebih spesifik dan terfokus untuk menunjang proses mixing tersebut seperti plugin yang disediakan juga terkhusus untuk mixing. Hal tersebut membuat software ini menjadi lebih maksimal untuk menyelesaikan pekerjaan mixing anda dengan kemudahan yang diberikannya melalui fitur. Neutron 2 Advanced sangat cocok untuk anda yang tidak menginginkan DAW sebagai media untuk melakukan mixing karena alasan tertentu.
-->