Solusi Lengkap Download, Dapatkan Informasi dan Artikel Menarik

5 Software Simulator Efek dan Amp Gitar Terbaik

Memiliki sound gitar berkualitas memang tidak harus selalu dengan memiliki peralatan canggih seperti efek ataupun amp yang harganya sangat mahal. Saat ini anda bisa mendapatkan sound gitar yang berkualitas dengan bantuan simulator digital yang dapat menggantikan peran efek ataupun amp modelling dengan menggunakan computer atau laptop saja.
 Image result for guitar amp simulator
Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan untuk menggunakan simulator efek dan ampgitar ini. Kelebihannya yaitu anda akan menghemat biaya pengeluaran karena tidak membutuhkan peralatan seperti efek dan amp untuk bermain gitar. Selain itu anda juga akan dimudahkan dengan banyaknya pilihan efek dan jenis amplifier yang dapat anda pilih yang sudah dilengkapi dengan preset library sehingga jika anda tidak suka bereksperimen maka anda dapat menggunakan preset tersebut. Anda juga akan dimudahkan jika ingin melakukan rekaman karena tidak membutuhkan microphone untuk merekam dari speaker karena anda dapat merekam gitar secara langsung atau direct. Sedangkan kelemahannya yaitu suara yang dihasilkan dari simulator ini tidak akan sebagus dan natural seperti efek dan amp gitar asli, namun meskipun demikian beberapa produsen software ini telah mendesain produknya untuk memiliki karakter suara yang sangat baik.

Berikut ini adalah beberapa macam software efek dan amp gitar terbaik yang dapat anda pilih.

Guitar Rig dari Native Instrument

Native instrument memberikan paket simulator guitar room dalam satu software yaitu bernama Guitar Rig yang saat ini telah terdapat 5 versi. Dalam Guitar Rig ini anda akan mendapatkan paket lengkap dari efek, amp modelling, cabinet, dll. Jenis efek yang disediakan pun sangat banyak dari jenis delay, distorsi, modulasi, dll. Amp yang terdapat pada Guitar Rig merupakan simulator dari berbagai amplifier ternama di dunia seperti marshall, fender, orange amp, dll. Guitar Rig juga memiliki rak efek yang sangat mudah untuk digunakan sehingga software ini akan sangat mudah dikenali oleh para pemula sekalipun.

Amplitube dari IK Multimedia

Amplitube merupakan salah satu pesaing besar dari Guitar Rig dimana saat ini juga telah terdapat 4 versi dari Amplitube. Sesuai dengan namanya, amplitube memang mengedepankan sisi amplifier simulatornya karena dalam software ini anda bisa mendapatkan modelling amp yang sangat bervariasi dan kualitasnya pun sangat baik. Anda pun bisa mengatur sistem microphone yang digunakan baik dari jenis maupun peletakannya dalam speaker dengan sangat mudah yang membuat software ini memiliki suasana ruangan yang lebih natural. Meskipun mengedepankan sisi amplifier, namun software ini juga dilengkapi efek chain yang memungkinkan anda untuk menambahkan efek meskipun dari segi efek, Guitar Rig memang lebih baik.

TH3 dari Overloud

Untuk anda yang menyukai suara gitar yang berat untuk musik keras software ini juga menjadi pilihan yang baik. TH3 merupakan simulator efek gitar dari Overloud dimana produsen ini juga sebelumnya telah mengeluarkan TH1 dan TH2. Software ini berisi berbagai jenis pilihan efek stompbox, preset, amplifier, kabinet, efek rak, dan alat permodelan lainnya. Sama seperti dua software sebelumnya, TH3 juga memberikan berbagai pilihan amplifier yang akan mendukung kebutuhan sound gitar anda dengan sangat baik. Perbedaan dari TH3 dengan software efek simulator yang lain yaitu pada tampilannya dimana pada TH3 ini memberikan efek chain dalam satu halaman yang sangat sederhana, meskipun demikian hal ini membuat TH3 menjadi sangat mudah untuk dipahami. Selain itu detail suara dari setiap alat juga tetap diperhatikan seperti dari amp dan kabinetnya. TH3 juga memiliki simulasi untuk microphone sehingga anda dapat mengatur sendiri bagaimana sistem microphone yang digunakan.

GTR 3 dati Waves

Jika anda menginginkan simulator efek gitar dengan suara yang fleksibel dan berkualitas maka GTR 3 harus anda pertimbangkan. Dalam software ini terdapat 25 jenis simulator amp gitar, 7 ampli bass, 29 jenis kabinet, 26 stompbox, dan berbagai microphone serta pengaturannya untuk membuat suara berkarakter. Meskipun dari segi jumlah memang masih didominasi oleh Guitar Rig yang terbaik, namun GTR 3 juga akan memberikan pengalaman bermain gitar yang baik dengan kualitas suaranya. GTR 3 jgua memiliki fitur respon dinamis dan realistis yang akan membuat efek simulator ini seperti asli yang dilengkapi dengan preset dan rantai efek onboard.

Peavey ReValver

Pilihan simulator lain yang layak dipertimbangkan adalah ReValver dari Peaavey. Kita tahu bahwa Peavey merupakan salah satu produsen amplifier ternama, namun mereka juga ternyata mengeluarkan produk digitalnya yang bernama ReValver. Software ini merupakan amp simulator yang didasarkan pada skema asli amplifier sehingga patut untuk dipertimbangkan. Meskipun dari segi efek, software ini memang lebih sedikit pilihannya dari beberapa software sebelumnya, namun dari segi permodelan amplifier, kabinet dan microphone, ReValver merupakan yang terbaik karena meskipun keularan dari Peavey ternyata amp yang diberikan tidak hanya terbatas pada merk Peavey namun juga terdapat banyak produk amp lain dalam software ini.
-->