5 VST Plugin Equalizer Terbaik


Merekam suatu trek instrumen merupakan salah satu hal yang harus dilakukan dalam pembuatan atau produksi musik. Namun terkadang hasil rekaman trek instrumen tersebut jika dimainkan secara bersamaan dengan instrumen lain terdengar tidak nyaman atau kurang sempurna. Hal itu dikarenakan pengaturan frekuensi suara yang tidak sesuai dan membuat frekuensi dari setiap trek instrumen tersebut bertabrakan. Selain itu, terkadang dalam suatu trek juga terdapat suara yang berlebihan atau bahkan kurang dominan sehingga membutuhkan suatu boost ataupun pengurangan pada frekuensi tertentu.
 Image result for vst equalizer
Untuk mengatasi permasalahan di atas, sound producer biasanya menggunakan suatu plugin yang bernama Equalizer atau EQ. Dalam pembuatan musik, EQ dapat berfungsi secara keseluruhan trek maupun secara individual. EQ dapat membentuk sound sebuah trek musik dari segi frekuensi sehingga mengatasi tabrakan frekuensi antar instrumen yang membuat suaranya menjadi kurang nyaman didengar. Selain itu EQ juga berfungsi untuk melakukan boosting atau pengurangan pada frekuensi tertentu seperti frekuensi low, mid atau high sehingga karakter suara bisa disempurnakan dengan adanya EQ.

Saat ini terdapat berbagai macam plugin EQ yang dapat anda gunakan, berikut ini adalah beberapa jenis VST plugin equalizer terbaik yang bisa anda pilih.

Pro-Q dari FabFilter

Posisi teratas dipegang oleh sebuah equalizer legendaris yang bernama Pro-Q dari produsen FabFilter. Hingga saat ini FabFilter telah mengeluarkan 3 seri dari Pro-Q yakni Pro-Q 1, Pro-Q 2 dan yang terbaru yaitu Pro-Q 3. Plugin EQ ini memiliki banyak kelebihan seperti kemudahan dalam penggunaan dengan plot yang sangat sederhana dan akurat untuk semua spektrum frekuensi suara. Pro-Q ini memberikan hingga 24 jenis filter band, fungsionalitas sidechain, pencocokan EQ, Linear Phase, Natural Phase dan yang terpenting adalah tanpa adanya latensi. Pengaturan EQ yang dapat dilakukan secara dinamis dan fleksibel juga menjadi unggulan dari Pro-Q ini.

DMG Equilibrium

DMG adalah salah satu pengembang VST plugin lain yang memiliki prosesor hebat. DMG sendiri telah memiliki beberapa jenis EQ seperti Equality, Equick, dan Equilibrium yang menjadi unggulan mereka. Tidak seperti Pro-Q dari FabFilter yang memiliki kontrol floating untuk setiap band, Equilibrium menampilkan kontrol untuk semua band sekaligus dalam satu tampilan. Faktor yang menjadi keunggulan dari Equilibrium ini adalah grafis antarmuka dan visibilitas parameter kontrol yang sepenuhnya dapat disesuaikan oleh pengguna. Anda dapat memilih mana yang cocok untuk karakter suara anda dengan berbagai opsi pengukuran. Selain karena fleksibilitasnya, EQ ini juga sangat terperinci dan mudah dalam penggunaan dengan banyaknya jenis filter, 3 pilihan mode fase, serta pemrosesan yang sangat baik untuk menghasilkan nada yang bersih dan berwarna.

PSP E27

PSP audio menjadi pesaing yang berat untuk kedua jenis EQ diatas dengan EQ andalannya yaitu E27. Ini adalah sebuah permodelan salah satu EQ klasik dari amerika yaitu Avedis E27 yang juga didukung oleh Avedis. PSP E27 memiliki 3 jenis band filter yang masing-masing dapat memberikan cut ataupun boost pada 9 frekuensi yang berbeda. Fitur ini dapat dioptimalkan lagi fleksibilitasnya dengan menggunakan tombol X2 yang menawarkan 6 jenis band untuk setiap saluran. Adanya fitur pencocokan EQ juga memungkinkan untuk menghubungkan sinyal stereo kiri dan kanan ataupun pemrosesan secara terpisah atau individual. E27 memiliki tampilan yang sederhana dengan fitur yang unggulan untuk memproses EQ secara cepat.

Eiosis AirEQ Premium

Plugin EQ ini merupakan salah satu plugin EQ terbaik yang bisa anda gunakan karena AirEQ Premium menampilkan grafis yang bagus dengan analisis frekuensi bergaya FFT. Plugin ini memiliki total 9 band termasuk dalam bagian rak dan filter khusus. Salah satu fitur uniknya adalah kontrol karakter dan kekuatan yang dinamai dengan air, netral, dan api yang bertugas untuk mengatur setiap jenis band dan menambah fleksibilitasnya. Kekurangan dari plugin ini adalah pengaturan untuk boost dan cut pada band frekuensi hanya dapat dimanipulasi menggunakan tombol namun tidak dapat disesuaikan langsung dalam grafis sehingga dapat dikatakan kurang dinamis. Meskipun begitu, kualitas suara yang dihasilkan dari AirEQ Premium ini memang sangat premium seperti namanya.

SplineEQ dari Photosounder

SplineEQ memang salah satu EQ yang sangat unik karena menggunakan spline bezier dalam pengaturan kurva yang memungkinkan anda untuk memiliki dan membentuk kurva yang asimetris atau bahkan vertikal, hal itulah yang menjadi keunikan dari SplineEQ. Selain itu, visualisasi dari SplineEQ menampilkan frekuensi dengan cara yang lebih musikal dan memungkinkan anda untuk mengaturnya dalam sebuah kurva saja. Terdapat juga banyak fitur EQ yang berguna seperti Transpose dan Overall Gain yang berperan dalam menggerakkan seluruh bagian kurva ke atas ataupun ke bawah dalam frekuensi tertentu. Fitur Gain Scale juga memungkinkan semua band untuk naik atau turun secara relatif satu sama lain sehingga anda tidak perlu mengaturnya satu per satu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel