Review Plugin TG Mastering Chain dari Waves


TG Mastering Chain adalah sebuah plugin yang digunakan untuk proses mastering dalam pembuatan musik. Proses mastering dalam produksi musik merupakan salah satu proses esensial yang sangat penting untuk dilakukan dalam tahap finishing musik yang bertujuan supaya musik yang dihasilkan nyaman didengar dan suara yang dikeluarkan dari musik tersebut sesuai standar yang ada. Proses ini membutuhkan banyak alat tentunya untuk mengatur suara dari musik yang telah dibuat, dengan suatu DAW anda bisa menggunakan sebuah plugin untuk membantu proses mastering tersebut. TG Mastering Chain dari Waves menjadi pilihan terbaik untuk plugin mastering yang dapat anda gunakan.

TG Mastering Chain tersedia dalam versi VST / AU / AAX yang terdiri dari 6 plugin yaitu untuk bersi mono dan stereo dari TG Mastering Chain utama, versi live serta versi mono dan sterero dari TG Mastering Bridge. Plugin Live memiliki latensi yang sangat rendah mengingat untuk kebutuhan live performance sehingga dibutuhkan plugin yang responsif supaya tidak mengganggu pemain di panggung. Untuk kebutuhan mastering dalam produksi musik pada umumnya digunakan TG Mastering Chain utama bukan versi livenya.

Plugin mastering pada umumnya memiliki fungsi utama untuk melakukan pengaturan dan pemrosesan pada signal akhir yang dihasilkan dalam suatu musik. Ketika suatu trek musik telah dilakukan mixing, maka tahap selanjutnya yaitu mastering bertujuan untuk meramu hasil mixing menjadi satu kesatuan yang saling melengkapi. Oleh karena itu pada umumnya pada saat masterin biasanya dilakukan pemrosesan dinamik, EQ, filter dan leveling. TG Mastering Chain memiliki semua fungsi tersebut dan dikemas dalam beberapa fitur yang menarik. Berikut ini adalah beberapa fitur dari TG Mastering Chain :

Past Master

Seperti pada umumnya, plugin mastering TG Mastering Chain terdiri dari serangkaian prosesor modular yang dapat diatur secara bebas pada rak dan dilewati oleh signal secara individual. Semua bagian kecuali output dapat secara independen diubah antara stereo, mono serta pemrosesan Mid-Side. Pada tamppilan default tamanya, satu set kontrol disediakan untuk kedua channel yang terhubung sehingga anda dapat dengan mudah melakukan pengaturan untuk setiap channel yang ada. Modul dalam TG Mastering Chain diantaranya adalah TG12311 Input, TG12312 Tone, TG12413 Limiter, TG12414 Filter dan TG12416 Output. Modul yang ada dapat anda susun dengan bebas untuk mendapatkan konfigurasi terbaik.

Modul

Seperti yang telah disebutkan beberapa modul yang ada pada TG Mastering Chain. Pertama yaitu modul input yang menjadi tempat sinyal masuk sebelum diurutkan ke dalam EQ, Filter dan Limiter. Pada modul ini anda dapat menyesuaikan level input dan stereo balancing. Selanjutnya modul tone adalah sebuah 4 band equalizer yang fungsi utamanya adalah melakukan pengaturan baik boosting maupun cut pada frekuensi tertentu, EQ ini dapat digunakan dalam 5 mode berbeda. Kemudian modul limiter menjadi pengaturan kompresi dari signal yang masuk dimana anda dapat mengatur pemrosesan dinamika untuk musik yang akan anda mastering. Selanjutnya modul filter menjadi finishing yang menampung filter High Pass, Low Pass dan Presence dengan masing frekuensi. Bagian terakhir yaitu modul output yang memungkinkan proses leveling akhir dan untuk pemantauan channel secara stereo maupun mono.

Meter Bridge

Ini menjadi salah satu fitur menarik karena meter bridge merupakan sebuah indikator yang akan menunjukkan tingkat output, level input, pengurangan gain dan fase. Hal yang menarik dan membedakan dalam TG Mastering Chain dari plugin mastering lain adalah kita dapat memilih instance TG Mastering untuk digunakan sebagai sumber atau acuan pengukurannya sehingga anda tidak harus beracuan pada telinga yang terkadang kurang teliti. Meter Bridge dalam TG Mastering Chain juga ditampilkan dengan cukup sederhana sehingga anda akan mudah dalam menggunakannya.

Konklusi

TG Mastering Chain memang sangat menarik dan memiliki keunggulan dari beberapa hal diatas, tapi plugin ini kurang dalam segi transparansi dan presisi. Suara yang dihasilkan dari plugin mastering ini jelas, berkarakter dan EQ dengan frekuensi tetap akan membuatnya menjadi suara yang khas meskipun anda tidak memiliki kebebasan dalam melakukan pengaturan frekuensi yang akan anda boost atau cut. Plugin ini akan sangat cocok untuk produsen musik dengan genre seperti rock, pop, jazz dan jenis musik serupa yang membutuhkan master musik yang hidup atau punchy.
Plugin TG Mastering Chain ini juga akan sangat cocok untuk pemula yang baru belajar dalam mastering suatu musik karena tampilannya yang sederhana sehingga tidak akan membingungkan dalam penggunaannya. Selain itu, plugin ini juga dilengkapi dengan preset yang sangat bagus sehingga anda dapat menempatkan preset tersebut untuk proses mastering dan menyesuaikannya secara manual untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel