Dapur Hijau Konsep Go Green Untuk Desain Dapur Rumah Anda

Dapur hijau - Banyak Orang beranggapan bahwa ruangan yang asri dan hijau hanya diperuntukkan untuk ruangan-ruangan utama di rumah, semisal kamar tidur, ruang makan, teras, atau ruang keluarga. Padahal konsep ruang hijau di rumah bisa juga diimplementasikan untuk area dapur. Suasana dapur yang sejuk dan asri penuh dengan pemandangan berwarna hijau akan membuat si pengguna dapur semakin betah untuk berlama-lama. Bukan berarti dapur hijau ini harus berada di area outdoor atau luar ruangan ya, anda juga bisa mendesain nya dengan nuansa hijau di area indoor. Beberapa tips yang akan kami bahas berikut ini akan semakin memperkuat konsep go green untuk dapur di rumah anda. 

Dapur Hijau Konsep Go Green Untuk Desain Dapur Rumah Anda


Dapur hijau untuk konsep dapur minimalis di rumah anda 


Nuansa hijau pada tembok dapur 


Anda bisa menggunakan warna dominan hijau untuk dinding dapur rumah anda. Pilihlah warna hijau yang terang atau hijau muda yang memiliki kesan lembut. Warna ini akan mudah memantulkan cahaya sehingga dapur anda akan tampak lebih terang. Warna hijau yang identik dengan vegetasi akan semakin memberikan kesan asri dan alami pada dapur. Sehingga ketika anda memasak dalam suasana yang hangat karena adanya api akan tidak terlalu terasa karena kesan warna hijau yang dominan pada cat dinding. Untuk masalah size, tidak jadi soal, misalnya anda memiliki dapur minimalis, hal tersebut bukanlah kendala untuk mengikuti tips ini.

Dapur Hijau Konsep Go Green Untuk Desain Dapur Rumah Anda

Memberikan aksesoris atau ornamen bunga gantung 


Tidak cukup hanya dengan memilih warna dapur hijau pada dinding saja agar tampak kesan alami pada dapur, anda juga bisa menambahkan ornamen berupa bunga atau tanaman yang anda tempelkan atau Anda gantung di sekitaran dinding dapur. Ini bukan sekedar cat atau wallpaper dapur hijau, tapi benar-benar vegetasi yang asli sehingga akan memperkokoh kesan alami pada ruangan tersebut. Mengapa memilih untuk digantung saja karena hal ini tidak akan memakan space ruangan. Lain halnya jika anda menaruh tanaman tersebut pada pot lantai atau pada meja di dapur tentu saja hal ini akan cukup mengurangi space di ruangan dapur. Fungsi dari tanaman ini tentu saja dia dapat menyerap debu dan panas serta memberikan kesan keseimbangan CO2 dan O2 pada dapur. 

               Dapur Hijau Konsep Go Green Untuk Desain Dapur Rumah Anda

Unsur-unsur furniture kayu 

Seperti halnya yang sedang kita bahas yakni konsep Go Green, maka anda harus bisa menyeimbangkan furniture dengan konsep dapur anda. Dalam konsep go green tentu saja kita lebih mendahulukan unsur-unsur elemen dari alam. Jadi untuk furniture dapur Anda sebaiknya mengutamakan bahan dari kayu atau bambu. Memang ada beberapa bagian dapur yang tidak bisa dipasang dari bahan kayu, misalnya area keramik dinding dapur yang dekat kompor, begitu pula dengan meja dapur granit, demi keamanan mencegah resiko kebakaran, tentu saja sangat riskan jika menggiunakan bahan kayu. Bahan dari kayu tentu saja jika sudah melewati proses politur akan tampak sangat mewah. Sehingga kehadirannya di dapur akan menambah kesan elegan di dalamnya. Jadi intinya Anda harus bisa mengurangi unsur-unsur misalkan bahan-bahan dari besi, kaca, aluminium atau stainless steel, sebisa mungkin anda hindari. Rak dapur bisa anda buat dari bahan misakan rotan. Lemari gantung dapur, juga bisa anda buat dari bahan kayu.


Dapur Hijau Konsep Go Green Untuk Desain Dapur Rumah Anda

Ventilasi ke arah Taman 

Akan lebih baik jika dapur berhadapan langsung dengan area luar. Aksesnya bisa melalui jendela dapur kecil atau pintu yang ada di samping atau belakang. Ini penting sebab anda akan dapat secara maksimal mengurangi kerja penyedot asap dapur / exhaust fan yang biasanya menyerap asap dari kompor. Dengan adanya ventilasi berupa jendela atau pintu di bagian samping dapur, makan asap dan panas yang ditimbulkan oleh api kompor akan bisa juga diserap oleh ventilasi dari samping. 

Dapur Hijau Konsep Go Green Untuk Desain Dapur Rumah Anda

Demikianlah sobat pastipas.com mengenai Dapur Hijau Konsep Go Green Untuk Desain Dapur Rumah Anda. Semoga apa yang kami hadirkan pada tulisan di atas dapat memberi Anda informasi yang bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Dapur Hijau Konsep Go Green Untuk Desain Dapur Rumah Anda "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel