Layar HP Samsung Mati Tapi Mesin Hidup? Inilah Cara Mengatasinya

Layar HP Samsung Mati Tapi Mesin Hidup Inilah Cara Mengatasinya

Mungkin saja Anda pernah menjumpai permasalahan di mana layar HP Samsung mati tapi mesin hidup.Permasalahan ini tentunya sangat mengganggu dan bisa mengurangi produktivitas anda di dalam berkomunikasi. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba membahas cara mengatasi layar HP Samsung yang mati namun mesin hidup.

Di zaman sekarang ini, penggunaan HP dengan teknologi touchscreen atau layar sentuh menjadi hal yang lumrah. Penggunaan layar sentuh menjadikan aktivitas penggunaan HP semakin nyaman untuk sejumlah tujuan, termasuk komunikasi.

Penggunaan layar sentuh juga menjadikan tampilan lebih elegan serta lebih nyaman. Hanya saja, penggunaan HP berlayar sentuh, misalnya Samsung Galaxy mempunyai resiko kerusakan yang lebih tinggi dibandingkan dengan HP Samsung yang model lawas yang tidak memakai layar sentuh.

Contoh kerusakan yang kerap kali dijumpai pada HP Samsung Galaxy yaitu layar HP mati namun mesin masih dalam kondisi hidup. Tentunya, kerusakan seperti ini cukup banyak penyebabnya.

Jika anda tertarik untuk mencoba mempelajari sejumlah penyebab yang menjadikan layar HP Samsung mati namun mesin dalam kondisi hidup, silakan Anda ikuti terus artikel ini. Pada artikel ini, penulis juga akan membahas Bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

Penyebab Layar HP Samsung Mati Namun Mesin Hidup Dan Cara Mengatasinya

Sebelumnya, hindari rasa panik apabila anda menjumpai permasalahan layar HP Samsung mati namun mesin dalam kondisi hidup. Pelajarilah terlebih dahulu sejumlah faktor yang menjadikan layar pada HP Samsung mati.

Konektor Layar Sentuh Rusak/Kotor

Bagian konektor layar sentuh adalah bagian utama yang dapat memicu permasalahan layar HP Samsung mati. Bagian ini ini merupakan bagian yang cukup sensitif. Fungsi layar sentuh pada Samsung Galaxy bisa terganggu karena konektor yang kotor.

Apabila anda mengalami permasalahan layar HP Samsung yang mati, silahkan anda cek bagian konektornya. Apabila konektor pada bagian layar sentuh terlihat hitam, silakan Anda coba bersihkan.
Jika fungsi dari layar sentuh belum bisa kembali normal meskipun anda telah membersihkan bagian konektornya, silakan Anda lanjutkan membaca penyebab layar HP Samsung mati.

Filter Backlight Layar Sentuh Rusak

Bagian filter backlight yang rusak juga menjadikan layar sentuh HP Samsung mati. Bagian backlight ini rata-rata berdekatan dengan connector layar sentuh. Filter Black light cukup mudah ditemukan, cirinya adalah terbuat dari material keramik.

Cara mengatasi permasalahan pada bagian filter backlight juga hampir sama dengan mengatasi konektor layar sentuh yang kotor atau rusak, yaitu dengan membersihkannya, Terlebih jika filter tersebut berwarna hitam. Jika sudah dibersihkan, lakukan pengecekan filter backlight memakai multitester.

Komponen pada filter backlight dianggap rusak jika pada saat dicek memakai multitester tidak terdapat respon. Pada umumnya, filter backlight memang dapat diganti dengan yang baru. 

Hanya saja, pada beberapa tipe HP komponen filter backlight langsung terpasang di PCB. Apabila filter backlight pada HP Samsung Galaxy terpasang di PCB secara langsung, teknik memperbaiki bagian tersebut yakni dengan menjumper secara langsung dengan filter backlight yang baru.

Dioda Yang Berhubungan Langsung Pada Filter Backlight Rusak

Penyebab dari layar HP Samsung mati namun mesin hidup yang selanjutnya yakni terjadi di bagian dioda. Filter backlight langsung berhubungan dengan komponen dioda. Oleh karena itu, pencarian komponen dioda bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Guna bisa mengetahui kondisi komponen dioda tersebut, alat multitester anda perlukan. Apabila tidak terdapat respon pada saat dicek memakai multitester, bisa dipastikan komponen dioda tersebut mengalami kerusakan dan harus diganti.

Dibandingkan dengan memperbaiki filter backlight, mengganti komponen dioda jauh lebih mudah dan tingkat keberhasilannya lebih tinggi.

Apabila anda cukup familiar di bidang elektronika, mengatasi permasalahan layar HP Samsung mati namun mesin dalam kondisi hidup cukup Mudah dikerjakan. Anda bisa mulai untuk melakukan pengecekan sejumlah bagian dan komponen yang berkaitan langsung dengan bagian layar. Terima kasih.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel