9 Ide Bisnis Untuk Anak dan Remaja - Pastipas.COM
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Ide Bisnis Untuk Anak dan Remaja

Ide Bisnis Untuk Anak dan Remaja


Halo sobat pastipas.com Siapa sih yang tak ingin memulai usaha dan memiliki usaha sejak dini? Ketika masa anak-anak dan remaja sudah ‘melek’ / tahu uang dan bisnis, maka akan sangat mudah bagi mereka untuk terus berkecimpung dalam dunia bisnis hingga dewasa nanti. Mengenalkan bisnis pada anak dan remaja juga melatih kemandirian mereka, mengingat tidak ada yang tahu nasib seseorang bagaimana nantinya. Untuk itulah Anda sebagai orang tua, pendidik, om, tante, atau kakek nenek dari anak-anak dan remaja, perlu mengenalkan cara kerja uang, serta usaha pada anak dan remaja sejak dini sebagai awal yang baik. 

Mengajarkan anak mengenai uang

Ketika anak-anak mulai bertanya tentang bagaimana cara menghasilkan uang, itu adalah kesempatan baik untuk mengajarkan mereka mengenai mengenai uang dan seluk beluknya. Hal ini mencakup sisi praktis uang, seperti cara menghitung dan mengelolanya, serta sumber daya kewirausahaan untuk membantu mereka belajar tentang bisnis dan cara mewujudkan ide kreatif mereka untuk bertahan hidup. Untuk memulai bisnis yang sukses atau usaha menghasilkan uang, penting untuk memiliki setidaknya pemahaman dasar tentang dasar-dasar keuangan. 

Ide bisnis yang tepat untuk anak dan remaja

Jika anak sekolah usia SD dan SMP sudah harus mulai dikenalkan dengan uang dan bisnis, lalu usaha apa yang tepat untuk mereka? Berikut uraiannya.

1. Jasa mencabut rumput dan berkebun

Salah satu jenis usaha untuk memperkenalkan cara menghasillkan uang pada anak-anak adalah dengan menjual jasa mereka. Anak-anak tentu sanagat suka jika diajak berkebu, mencabut rumpit, dan gulma. Skill ini bisa dijual ke tetangga, mereka bisa memperoleh bayaran dari tetangga karena membantu mencabut gulma dan berkebu. Tentu selain menghasilkan uang, kegiatan berkebun sangat mengasyikkan bagi anak-anak.

2. Jasa pengecatan

Anak-anak pasti sangta suka mengecat menggunakan kuas. Ini bisa dijadikan ladang untuk memperkenalkan mereka cara memperoleh uang. Ajak anak-anak untuk menjual jasa mengecat yang bisa mereka lakukan. Mulai dari yang mudah, seperti mengecat gapura, mengecat trotoar, dan mengecat teras rumah. Anak-anak pasti menyukai pekerjaaan ini, terlebih jika mereka mendapat fee atas pekerjaan mereka.

3. Jasa baby sitter

Remaja usia 14 hingga 17 tahun sudah dapat dipercaya untuk merawat bayi. Mereka dapat mengasuh anak dengan penagwasan orang dewasa dan mendapatkan upah atas pekerjaan ini. Dan tugas ini tak terlalu berat bagi mereka, terutama mereka yang memiliki adik dan menyukai anak kecil..

4. Jasa cleaning service

Bagi sebagian orang membersihkan rumah itu memakan banyak waktu dan tenaga, dan disinilah jasa cleaning service dibutuhkan. Tentu saja anak dan remaja mampu melakukan pekerjaan ini, terlebih jika mereka juga kerap melakukannya di rumah. Bisnis ini cukup menguntungkan dan menyenangkan bagi anak-anak.

5. Jasa perawatan mobil

Menyerahkan perawatan mobil pada ahlinya tentu membutuhkan biaya yang mahal, namun akan terjangkau jika perawatan mobil tersebut dijadikan lahan bisnis untuk anak-anak. Mereka dapat melakukan perawatan mobil secukupnya sesuai kemampuan mereka dan mendapatkan bayaran yang sesuai dengan apa yang mereka lakukan.

6. Menjual barang bekas

Ajak anak atau keponakan Anda untuk ikit menjual barang bekas seperti pakaian, gadget, buku, mainan dan lain sebagainya. Anda dapat membantu mengadakan garage sale untuk mereka dan biarkan mereka yang berjualan.

Selain 6 ide bisnis diatas, anak dan remaja juga bisa diperkenalkan dengan metode memperoleh uang dengan cara online, bisa dengan menjual jasa secara online mupun menjual produk. Berikut ini ide bisnisnya.

1. Berbisnis via Instagram

Generasi milenial saat ini perlu diperkenalkan dengan bisnis online, seperti bisnis melalui Instagram. Buatkan mereka akun Instagram terlebih dahulu dan mulailah usaha dari sana. Dengan kreativitas yang mereka miliki, mereka dapat memanfaatkan Instagram untuk berbisnis.

2. Menjadi inflencer

Ajak anak dan remaja untuk mencoba menjadi influencer berbagai produk. Beri mereka motivasi untuk memiliki banyak follower, dan disinilah mereka berpotensi mendapatkan pundi-pundi uang sebagai influencer.

3. Menjual kreatitas

Dalam dunia online, anak-anak dapat juga menjual jasa dan kreativitas mereka. Mereka menjual karya mereka melalui Fiverr, Etsy, dan sebagainya. Bertikut detailnya.

a. Fiverr

Persyaratan usia minimum untuk mendaftar Fiverr adalah 13 tahun sehingga situs ini dapat dimanfaatkan. Anda dapat menjual layanan mulai dari $ 5 sampai tak terhingga. Kategori populer meliputi dari Fiverr meliputi desain grafis, pemasaran, dan menulis.  Peluang nyata untuk menghasilkan uang secara nyata di Fiverr adalah dengan menawarkan layanan premium. 

b. Caffepress

Cafepress adalah tempat yang bagus untuk memulai bisnis t-shirt. Anak-anak dapat dilibatkan dalam pembuatan desain t-shirt lalu menjualnya melalui situs ini. Cara yang mudah untuk mendapatkan uang bagi anak-anak bukan?

 c. Etsy 

Etsy juga memberikan peluang yang besar untuk mengembangkan kreativitas dan menghasilkan uang bagi anak-anak. Anda bisa menjual apa pun mulai dari perhiasan, buku, alat elektrok, dan lain sebagainya disini. Remaja berusia 13-17 tahun dapat menggunakan Etsy selama mereka memiliki izin dari dan diawasi oleh orang tua atau wali yang sah. Siapa pun yang mengawasi mereka harus menjadi pemilik akun yang sebenarnya. So, memulai bisnis melalui Etsy adalah ide yang baik bagi anak-anak dan remaja.


Pentingnya mengajarkan anak tentang uang sejak dini

Semakin awal Anda mulai mengajarkan anak-anak Anda nilai uang dan cara mengelolanya, semakin siaplah mereka untuk hidup sebagai orang dewasa. Semakin cepat Anda mempercayakan anak-anak untuk mengelola uang, maka semakin cepat mereka akan belajar tentang tanggung jawab keuangan.  Dengan memperkenalkan mereka ke ide-ideuntuk menghasilkan uang, Anda akan menunjukkan kepada mereka ada lebih banyak pilihan daripada jalur tradisional untuk kuliah, mendapatkan pekerjaan dengan perusahaan besar, dan bekerja untuk orang lain.  Anda memberdayakan mereka untuk menjadi pemikir kreatif, pemimpin, dan pengusaha masa depan.

Dengan ini pula Anda dapat mengurangi jumlah pengangguran di masa memdatang karena Anda telah membuat anak-anak Anda betdaya sejak dini. So, mulai sekarang cobalah beberapa ide diatas untuk anak Anda dan Anda akan merasakan sendiri bagaimana mereka akan berkembang dengan baik dalam dunia bisnis dan keuangan. Kemandirian penuh pun akan mereka dapatkan. Selamat mencoba!