9 Hobi Menyenangkan yang Berpotensi Menghasilkan Uang - Pastipas.COM
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Hobi Menyenangkan yang Berpotensi Menghasilkan Uang

Hobi Menyenangkan yang Berpotensi Menghasilkan Uang



Apakah Anda pernah melihat orang-orang yang mampu menghasilkan uang melalui hobinya? Seperti merajut, menjahit, mewarnai kain, membuat situs web, mendesain, dan lain sebagainya? Ya, saat ini memang sudah banyak hobi yang mampu dipotensialkan menjadi sebuah karya yang menghasilkan. Anda tak perlu sibuk memikirkan bisnis apa yang akan Anda jalani karena semua penghasilan bisa Anda dapatkan melalui hobi.

Banyak hobi yang jika didukung dengan kreatovitas tinggi akan menghasilkan keuntungan yang tak disangka. Berikut ini adalah daftar 16 hobi yang dapat diubah menjadi bisnis yang menguntungkan.

1. Survey

Apakah Anda gemar melakukan survey dan mengisi survey online? Ya, rupanya saat ini mengisi survey online bisa menghasilkan bayaran yang lumayan untuk Anda. Ada banyak perusahaan yang akan membayar Anda untuk mengisi survey tersebut. Tentu saja bayaran dari mengisi survey oline tak akan mampu menggantikan pekerjaan utama Anda, tapi setidaknya fee yang dibayarkan cukup lumayan untuk menambah penghasilan. Beberapa perusahaan yang akan membayar Anda untuk survey antara lain.

Survey Junkie
Tidak ada biaya untuk mendaftar survey ini dan Anda akan menerima peluang survei langsung yang memungkinkan Anda memberi feeed back  tentang produk dan layanan ke berbagai merek. Anda akan mendapatkan poin hadiah gratis yang dapat ditukarkan kapan saja berupa uang tunai yang jumlahnya lumayan. 

Swagbugs
Jika Anda ingin fokus pada hobi yang menghasilkan uang secara online, maka mengisi survei atau menyelesaikan kegiatan lain di situs web Swagbucks adalah hal yang tepat. Swagbucks akan membayar hanya dalam beberapa menit setelah Anda menyelesaikan survey. Anda memang tidak akan dapat meninggalkan pekerjaan harian Anda dan mengganti penghasilan Anda dengan Swagbucks, namun ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan uang di waktu luang Anda. Anda dapat dengan mudah menghasilkan beberapa ratus dolar setahun yang jumlahnya besar jika ditukar dengan rupiah. Mereka juga menawarkan bonus $ 5 hanya saat Anda mendaftar pertamakali.

2. Web development

Anda tak perlu mahir dalam bisnis pengembangan web atau web development untuk terjun kesini, bahkan Anda cukup mengikuti kursus singkat mengenai web development dan Anda memiliki kesempatan untuk terjun dalam bisnis ini. Anda dapat memulainya dengan mencari klien melalui situs freelance dan kembangkan karir serta kemampuan Anda disana mengenai bisnis ini.

3. Menulis atau blogging

Jika Anda suka duduk di depan komputer dan berbagi cerita atau melakukan penelitian tentang topik yang membuat Anda bersemangat, blogging merupakan hobi yang sempurna bagi Anda untuk menghasilkan uang tambahan.  Anda banyak blogger yang berhasil meraup keuntungan jutaan setiap bulannya hanya melalui blog pribadinya. Selama Anda menikmati menulis konten yang bermanfaat untuk pembaca, maka blog Anda tak akan opernah sepi. Anda dapat memonetisasi blog dengan iklan, tautan afiliasi, atau sponsor.  Menambahkan produk Anda sendiri seperti kursus atau e-buku dan layanan seperti konsultasi atau pelatihan dapat meningkatkan pendapatan Anda lebih banyak lagi.

Namun, jika Anda tak menginginkan membangun blog Anda sendiri, karir sebgai penulis lepas bisa Anda coba. Anda dapat mengisi konten untuk berbagai blog dan website serta meraih pundi-pundi uang dari sana. Setelah Anda menemukan beberapa klien dan membangun portofolio, Anda dapat memberikan tarif yang tinggi untuk tulisan Anda.

4. Editor

Jika Anda memiliki hobi dan keahlian dalam bidang tata bahasa dan ejaan, maka menjadi seorang editor buku atau naskah online bisa menjadi peluang bagi Anda. Anda cukup membutuhkan koneksi internet dan Anda bisa bekerja dari mana saja.

5. Desain grafis

Desain grafis adalah salah satu bidang jasa yang paling diminati saat ini.  Hampir semua bisnis bisnis membutuhkan logo, baik untuk baliho mapun untuk website mereka. Hobi kecil ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar jika Anda terus mengasahnya. Selain mencari klien pribadi untuk membuat logo desain pada Anda, Anda dapat juga memulai penawaran pada proyek di situs seperti 99design, DesignCrowd, Fiverr, atau Crowdspring.

6. Pengembang aplikasi

Mengembangkan aplikasi dan perangkat lunak merupakan hobi yang mampu menghasilkan untung besar saat ini. Jika Anda memiliki ide untuk menjual aplikasi yang berguna untuk orang lain, maka Anda berpotensi untuk mendapat penghasilan yang besar.  Jika Anda tidak yakin memiliki keahlian yang tepat, ada kursus online gratis yang akan mengajarkan Anda mengenai pengembangan aplikasi. 

7. SEO

Search Engine Optimization (SEO) merupakan proses pengoptimalkan konten situs web agar mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing. Bagi orang yang menjalankan bisnis online, mencari tahu cara mengoptimalkan situs web dan konten mereka adalah hal yang penting untuk dilakukan. Untuk itulah ketika Anda menyukai hal-hal yang berhubungan dengan SEO dan Anda ahli di bidang tersebut, maka Anda dapat menawarkan jasa ini pada start up dan perusahaan online. SEO adalah alat yang berharga untuk bisnis online, dan mereka akan bersedia membayar berapapun untuk keahlian Anda ini. Meluangkan waktu untuk benar-benar memahami SEO dan mengikuti perubahan algoritma terbaru adalah kunci untuk menghasilkan uang dengan hobi ini.

8. Sosial media marketing 

Jika Anda menyukai hal-hal yang berbau medai sosial, maka Anda memiliki potensi untuk menjadikan hobi ini sebagai bisnis. Banyak bisnis online yang membutuhkan jasa sosial media marketing untuk menawarkan produk mereka. Dan ketika Anda ahli di bidang ini, tentu kesempatan besar untuk menghasilkan dapat Anda raih.

9. Membuat tutorial di Youtube

Siapa pun dapat membuat video dan mengunggahnya ke YouTube agar dilihat oleh orang-orang di seluruh dunia. Merekam video juga merupakan hobi yang dapat menghasilkan uang bila dilakukan dengan benar.  Semakin baik konten dan kualitas video, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk mendapatkan viewer, like, dan subscroberserta menghasilkan uang.  Jika Anda seorang YouTuber, Anda dapat memonetisasi konten pembelajaran dengan iklan, melalui produk dan layanan Anda sendiri, dan melalui dukungan dari sponsor.  Anda dapat memulainya dengan merekam video tutorial hal apapun agar menarik perhatian penonton.

Itulah beberapa hobi yang ternyata bisa menghasilkan pundi-pundi uang jika Anda mau menekuninya. Banyak orang yang menganggap bahwa hobi hanyalah sekedar hobi yang tidak dapat dojadikan lahan produktif, padahal nyatanya jika Anda mau memanfaatkannya dengan bijak dan menggabungkannya dengan krativitas yang Anda miliki, maka hobi tersebut dapat berubah menjadi potensi penghasilan yang menguntungkan.

Hobi yang dijalani dengan sabar dan tekun justru berpotensi besar meraup untung karena Anda menjalakannya dengan passion, bukan karena keterpaksaan. Sudah terbukti banyak orang yang berhasil dengan bisnis yang ia lakoni bermula dari hobi. Untuk itulah jangan sia-siakan hobi yang Anda miliki dan kembangkanlah sesuai potensi. Selamat mencoba!