10 Ide Bisnis Online dengan Modal Minim atau Tanpa Modal Sama Sekali - Pastipas.COM
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ide Bisnis Online dengan Modal Minim atau Tanpa Modal Sama Sekali

 Ide Bisnis Online dengan Modal Minim atau Tanpa Modal Sama Sekali



Setiap orang pasti menginginkan kehidupan ekonomi yang baik untuk diri dan keluarganya. Terkadang bekerja di kantoran dapat menghilangkan hak Anda untuk menikmati kehidupan sosial Anda karena Anda kehilangan banyak waktu. Dan terkadang juga bisnis online mampu menjadi jawaban atas kegusaran Anda yang letih bekerja kantoran. Anda bisa bekerja sembari santai di rumah tanpa perlu disibukkan dengan deadline kerja kantor yang ketat.

Sayangnya tak semua orang dapat dengan mudah menemukan ide bisnis online. Ada yang juga yang sudah mencobanya beberapa kali namun gagal di tengah jalan. Sebenarnya ada banyak cara untuk menghasilkan uang secara online yang memungkinkan Anda menjadi bos Anda sendiri, bekerja sesuai waktu Anda sendiri, dan menghasilkan uang sebanyak yang Anda mau.  Berikut ini adalah 10 pilihan ide bisnis online yang dapat disesuaikan dengan passion Anda.

Menulis blog / menjadi blogger

Blog adalah salah satu cara terbaik dan paling menyenangkan untuk mendapat penghasilan secara online, tetapi juga salah satu yang paling sulit. Jika Anda hobi memasak, fashion, atau kerajinan, atau mungkin Anda memiliki banyak ide hebat yang Anda tahu akan membantu orang lain, maka mmeulainya dengan blog adalah ide yang brilian. Memulai blog tidak hanya memungkinkan Anda untuk berbagi hasrat Anda dengan dunia, tetapi juga memungkinkan Anda menghasilkan uang dalam prosesnya. 

Blog dapat dimonetisasi dalam beberapa cara. Salah satu cara untuk menghasilkan uang melalui blogging adalah dengan menempatkan iklan di situs web Anda. Program seperti Google AdSense secara otomatis menempatkan iklan yang relevan di blog Anda. Anda dapat memilih jenis iklan apa yang Anda inginkan dan di mana tempat untuk menampilkannya. Setiap kali iklan dilihat atau diklik, Anda dapat menghasilkan uang.  Cara lain untuk menghasilkan uang lewat blogging adalah melalui pemasaran afiliasi. Dengan sfiliasi pemasaran, berarti Anda menautkan link ke suatu produk untuk dijual di situs lain dan ketika pembaca mengklik tautan Anda dan membeli produk, maka Anda mendapatkan penghasilan dari sana. Amazon memiliki program pemasaran afiliasi yang mudah digunakan dan ini merupakan titik awal yang bagus untuk blogger baru.  

Asisten virtual

Salah satu ide bisnis rumahan paling populer saat ini adalah menjadi asisten virtual.  Asisten virtual mendukung pemilik bisnis dalam berbagai cara. Sebagai asisten virtual, Anda harus memilih layanan yang Anda tawarkan berdasarkan keahlian unik Anda dan apa yang Anda gemari.  Misalnya, jika Anda memiliki keahlian dalam tata bahasa, Anda dapat menawarkan proofreading sebagai salah satu layanan Anda. Jika Anda ahli di bidang media sosial, Anda dapat menawarkan manajemen media sosial untuk platform favorit Anda.  Anda juga dapat mendukung pemilik bisnis dengan manajemen email, menulis, layanan pelanggan, dan banyak lagi. 

Menjual foto secara online

Jika menjalankan blog terdengar melelahkan, Anda dapat mencoba hal lain seperti menjual foto stok secara online. Foto stok digunakan oleh perusahaan untuk semua jenis proyek, seperti iklan dan situs web.  Sebagian besar perusahaan menggunakan beberapa situs web populer untuk mencari foto stok. Shutterstock dan Adobe Stock adalah dua situs foto stok yang paling populer. Kedua situs memungkinkan siapa pun untuk mengirimkan foto mereka. Setiap kali foto Anda diunduh, Anda dibayar untuk itu.  Untuk benar-benar menghasilkan uang dengan menjual foto stok, pastikan Anda memposting foto yang benar-benar dibutuhkan orang. Perusahaan biasanya mencari gambar yang cukup generik seperti pemandangan alam, makanan, profesi, atau orang-orang yang melakukan kegiatan sehari-hari. Gambar seperti ini akan laris manis dan bisa menghasilkan uang yang lumayan untuk Anda.

Menjadi brand strategist atau marketing freelance

Tidak semua perusahaan tahu kemana untuk dapat memasarkan produknya, terlebih perusahaan kecil yang baru memulai usaha. Disinilah Anda dapat mengambil peran. Anda dapat menjadi brand strategist atau tim marketing freelance untuk memasarkan produk perusahaan tersebut. Tentu saja, untuk menjadi marketing yang sukses, Anda memerlukan keahlian dalam periklanan atau pemasaran. 

Mendesain dan menjual tema website

Jika Anda kurang ahli dalm bisnis dan lebih paham teknologi, maka kemampuan Anda di bidang desain web bisa menjadi potensi yang menguntungkan. Anda dapat mendesain web kemudian menjualnya pada perusahaan ataupun start up baru. Anda juga dapat membangun situs web kustom. Hampir setiap orang membutuhkan situs web, jadi Anda pasti memiliki peluang yang bagus untuk bisnis ini.

Membangun blog kemudian menjualnya lagi

Salah satu hal yang cukup sulit dalam hal blogging adalah mempertahankannya agar tetap eksis dan menguntungkan. Jika Anda dalah salah satu orang yang kurang menyukai blogging dan tidak bisa mempertahakannya, maka jual beli blog adalah salah satu bisnis online yang cukup menguntungkan. Anda memulai sebuah blog lalu menjualnya ketika blog tersebut potensial. Harga dari penjualan blog ini dibilang cukup lumayan, terlebih jika pergerakan blog Anda terbilang bagi.

Menjual template email

Setiap penbisnis online membutuhkan cara untuk menjangkau pelanggan mereka. Salah satunya adalah dengan menggunakan buletin email reguler yang dikirimkan setiap minggu atau bulannya. Tugas Anda dapat membuat template email tersebut dan menjualnya ke para pebisnis online. Untuk melakukan ini, Anda perlu pengetahuan tentang desain web dan sedikit pengetahuan teknologi. Namun setelah Anda membuat beberapa template yang sudah dirancang sebelumnya, Anda dapat menjualnya berulang kali.

Pembuat konten media sosial

Tak ada bisnis online yang tak dikaitkan dengan media sosial saat ini. Untui itulah ini kesempatan Anda untuk menawarkan diri menjadi pembuat konten opada media sosial para pemilik bisnis. Jika Anda memiliki ide segar untuk konten-konten tersebut, maka bisnis ini cukup menggiurkan untuk Anda.

Trainer bisnis online

Jika Anda telah sukses dengan bisnis online Anda, Anda dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan memberikan pelatihan untuk orang lain. Berbagi rahasia Anda akan membantu orang lain mengembangkan bisnis mereka, dan untuk hal ini mereka akan bersedia membayar Anda dengan harga yang lumayan. Anda dapat mengadakan seminar dan pelatihan bisnis online atau membuka jasa konsultasi bisnis secara personal. Jika Anda sudah ahli, Anda bisa menentukan sendiri tarif Anda.

Jasa SEO

Masih berhubungan dengan website dan blog, Anda bisa menjual jasa konsultasi SEO untuk perusahaan-perusahaan lain.  Dengan kemampuan SEO yang Anda miliki, tentu Anda akna mendapatkan tambahan penghasilan yang menggiurkan. SEO merupakan Search Engine Optimization dimana hampir semua bisnis online membutuhkannya agar konten mereka muncul pada peringkat atas pada mesin pencarian Google.

Itulah 10 daftar bisnis online yang bisa Anda coba mulai dari sekarang tanpa membutuhkan modal apapun. Selamat mencoba, semoga berhasil!