Review Synthesizer Digital Arturia Pigments


Arturia Pigments merupakan suatu simulator synthesizer klasik V yang sangat legendaris. Pigments hadir dalam semua versi yaitu VST / AU / AAX / standalone sehingga anda dapat menggunakan Arturia Pigments ini dalam software DAW maupun secara terpisah dengan versi standalone. Arturia menjadi pengembang pertama yang mengemulasikan synthesizer klasik V dengan hasil yang sangat baik dan maksimal.

Synthesizer ini memiliki mesin ganda, filter ganda dengan efek yang sangat banyak pilihannya serta dilengkapi dengan sequencer bawaan sehingga anda tidak harus menggunakan DAW untuk mendapatkan fitur sequencernya. Pigments menawarkan banyak hal baru dalam synthesizer digital ini yang tidak ditemukan dalam synth lain. Beberapa fitur dari Artura Pigments :
  • Twin engine AU/AAX/VST
  • Wavetable dan virtual analog synthesizer dengan 3 osilator
  • 2 Filter, 3 Envelope, 3 LFO
  • Fully formed sequencer dilengkapi arpeggiator
  • Random changes to any parameter with 3 probability generators
  • Multiple vintage & modern effects
  • Requires Mac OS x 10.10, Win 7, 4 GB RAM, 2.5 GHz CPU & 1 GB Disk Space

Tampilan Desain

GUI yang ada pada Arturia Pigments ini dapat dengan mudah diubah dan disesuaikan ukurannya dari 50-200%. Tampilannya berwarna-warni dan penuh animasi informatif mulai dari bentuk gelombang oscillator dan filter hingga envelope yang diberi kode warna untuk membedakannya dengan mudah. Tata letak yang sangat mudah dikenali dari Arturia Pigments ini juga menjadi kelebihan tersendiri dari software ini. Terdapat tab antara bagian Synth, FX & Sequencer, Keyboard, Kontrol Modulator, dan Strip Modulation Overview yang digunakan untuk menetapkan dan melihat sinyal modulasi yang dihasilkan. Meskipun terlihat sedikit rumit, namun ketika telah terbiasa menggunakan software ini anda tidak akan mengalami kesulitan dalam penggunaannya. Kemudahan penggunaan juga didukung dengan adanya preset browser yang dapat dengan mudah mencari preset di manajemen file. Ini merupakan sistem yang cerdas dan bermanfaat untuk mempermudah pengguna.

Mesin

Arturia Pigmen menggunakan dua mesin yang dapat dipilih untuk mode analog maupun wavetable. Mesin analog terdiri dari tiga jenis osilator yang masing-masing dapat mengeluarkan gelombang jenis sine, saw, triangle, square wave, dan juga noise generator dari noise merah hingga noise biru. Mesin wavetable menggunakan lebih dari 100 jenis wavetable yang dikategorikan dalam natural, processing, synthesizer, dll. Terdapat 256 bentuk gelombang yang dapat dipilih dan dapat disesuaikan dengan mengatur posisi knob untuk berpindah dari satu gelombang ke gelombang lain.
Kedua mesin ini dimasukkan kedalam sepasang filter yang dapat digerakkan secara individu dan digunakan dalam campuran baik seri maupun paralel dengan bantuan knob. Dalam filter ini terdapat 8 jenis tipe filter yaitu SEM, Matrix 12 and Minimoog emulations, the 64dB / Octave Surgeon, Comb, Phaser, Formant, dan the Supremely Versatile MultiMode.

Modulasi

Sebuah synthesizer selalu memberikan pilihan modulasi yang melimpah seperti halnya pada Arturia Pigments ini dimana terdapat beberapa jenis modulasi yang dapat anda pilih dan langsung digunakan dalam bagian FX. Modulasi FX seperti reverb, delay, kompresor, distorsi, EQ, flanger, wavefolder dll dapat anda sesuaikan pengaturannya secara individual dengan mudah.

Karakter Suara

Pigments menjadi suatu synthesizer yang dapat digolongkan sebagai synthesizer kelas atas. Mesin Wavetable, filter, sequencer dan modulasi yang menonjol menjadi fitur utama dan keunggulan dari Arturia Pigments ini yang memang sangat mengesankan. Suara yang dihasilkan oleh synthesizer ini juga sangat luas dan berkarakter. Dengan synthesizer ini anda bisa mendapatkan jenis suara yang anda mau dengan menggunakan kombinasi pengaturan dari filter, gelombang, modulasi serta FX dan melakukan pengaturan dari setiap komponen tersebut. Untuk pengguna pemula, hal ini memang akan sangat melelahkan karena anda perlu melakukan eksperimen terlebih dahulu untuk mendapatkan jenis suara yang baik. Namun jika anda tidak suka melakukan hal itu, anda bisa menggunakan preset yang tersedia. Meskipun menggunakan preset, hal itu tidak akan membatasi eksplorasi sound karena anda masih dapat melakukan modifikasi pada pengaturannya sehingga mendapatkan jenis suara dengan karakter yang anda inginkan sendiri.

Konklusi

Untuk para pemain synthesizer ataupun hanya menggunakannya sebagai synthesizer pada live performance, Arturia Pigments menjadi pilihan yang sangat tepat. Namun untuk pemula, synth ini mungkin akan sediki menyulitkan di awal karena begitu banyak jenis efek dan modulasi yang disediakan dan mungkin akan membingungkan untuk memilih jenis efek dan modulasi yang cocok. Namun dari segi kualitas suara keluasan suara yang dihasilkan, Arturia Pigments ini sangat baik untuk hal tersebut karena memang ini adalah synthesizer profesional yang didesain untuk melakukan kinerjanya dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel