Review Insanity Samples – New Orleans Brass (KONTAKT)

Kontakt merupakan salah satu brand yang selalu rajin dalam mengeluarkan produk berupa VST instrumen. Salah satu produk dari Kontakt yaitu bernawa Insanity Samples -New Orleans Brass yang merupakan suatu instrumen VST atau simulator instrumen digital yang dapat menghasilkan berbagai macam sound dari instrumen brass. Instrumen ini merupakan salah satu instrumen tiup seperti terompet yang terbuat dari logam dan mampu menghasilkan suara melalui getaran bibir pemain saat meniup alat musik ini pada tabung resonator.


VST instrumen keluaran dari Kontakt ini dapat anda mainkan dengan mudah hanya dengan menggunakan MIDI kontroller ataupun dengan piano roll pada lembar kerja. Ketika anda membutuhkan suara instrumen brass pada musik, maka anda tidak perlu lagi untuk memainkan instumen brass asli dan merekamnya dengan menggunakan alat perekam. Dengan VST ini semua tersedia dalam sekali klik dimana anda dapat membuat nada melalui komputer dan secara langsung instrumen brass akan masuk dalam musik anda tanpa perlu alat perekam lagi. New Orleans Brass dari Kontakt dibuat dengan sedetail mungkin dari segi suara ketika proses sampling dari instrumen asli sehingga suara yang dihasilkan terlihat sangat natural dan realistis, bahkan anda tidak akan bisa membedakan mana suara brass dari VST ini dan mana suara brass asli.

Pada tampilan New Orleans Brass Insanity Samples ini terdapat beberapa panel yang memudahkan anda untuk mengoperasikan VST ini. Pada bagian atas terdapat pengaturan untuk master volume yang digunakan sebagai pengaturan besar kecilnya volume yang dikeluarkan oleh brass. Selain itu juga terdapat pengaturan tuning atau Master Tune dan tempo yang berfungsi ketika anda membuat musik. Kemudian terdapat juga pengaturan pembagian suara apakah mono atau stereo dan pengaturan panningnya.

Turun ke bagian bawahnya terdapat panel untuk mengatur efek suara yang dihasilkan dari New Orleans Brass. Di bagian ini anda dapat mengatur efek seperti modulasi dan bagaimana karakter suara bari brass yang anda inginkan. Reverb dapat anda atur pada panel ini untuk mendapatkan suara yang berkarakter. Kemudian pada bagian bawahnya lagi juga terdapat pilihan artikulasi yang dapat anda gunakan untuk memainkan brass. Dengan adanya fitur ini maka teknik permainan brass nyata bisa anda dapatkan dengan menggunakan instrumen digital saja. Selanjutnya terdapat pula tombol piano yang merupakan bagian utama dalam pembuatan nada. Untuk memainkannya anda dapat menggunakan MIDI kontroller, keyboard atau dengan membuat piano roll.

Di panel sebelah kiri terdapat bagian manajemen file untuk MIDI dan file lain. Pada bagian ini anda dapat mencari MIDI yang sudah tersimpan dan tersedia dalam library untuk anda gunakan. Selain itu, disini anda juga dapat membuat MIDI sendiri dan menyimpannya untuk dibuka kemudian hari atau dibuka dengan aplikasi lain.

VST instrumen New Orleans Brass ini terdapat beberapa jenis instrumen brass yang dapat anda mainkan seperti terompet, trombone dan sousaphone. Dengan beberapa pilihan instrumen ini dapat memaksimalkan ide anda dalam membuat sebuah musik. Selain dari pilihan instrumen juga didalamnya masih terdapat banyak fitur untuk membuat nuansa sound yang berbeda.

Dalam Insanity Samples terdapat beberapa pilihan artikulasi sebagai berikut:

  • Long – yaitu nada dengan sustain yang panjang selama 3 bar pada 120 bpm
  • Staccato – yaitu cara peniupan yang pendek atau terputus
  • Sforzato Crescendo – yaitu teknik peniupan dengan penurunan volume dan melakukan crescendo secara cepat
  • Crescendo – yaitu pembunyian secara bertahap dari pelan  hingga keras
  • Falls – yaitu teknik klasik dengan penurunan pitch
  • Rises / Grace Note – yaitu kenaikan nada dengan halus
  • Flutter – yaitu teknik pada terompet dengan mengepakan lidah dengan kecepatan tinggi
  • Performance – pilihan ini mampu mengubah instrumen menjadi monophonic untuk memberi efek legato dengan kecepatan tinggi.

New Orleans Brass dari Kontakt ini memang dirancang dengan spesial untuk mendapatkan karakter New Orleans Brass pada sound band. Instrumen ini sangat cock untuk musik yang bergenre funk, jazz dan blues.

Instrumen digital ini dapat anda mainkan secara stand alone atau berdiri sendiri. Selain itu juga terdapat versi VST plugin dimana dengan versi ini anda dapat memainkannya dalam suatu software audio DAW. Dengan menggunakan VST ini pada DAW maka anda dapat melakukan perekaman secara langsung saat anda membuat musik. Yang perlu anda lakukan hanya membuka New Orleans Brass dalam DAW dan membuat nada yang sesuai dengan musik maka anda sudah bisa mendapatkan sound isntrumen brass .

Adanya VST instrumen ini akan memudahkan para produser musik dalam memproduksi lagu. Hal itu karena produser musik tidak perlu lagi menggunakan instrumen asli yang tentunya akan menyita waktu dan biaya dalam proses perekamannya. Cukup dengan VST instrumen New Orleans Brass dari Kontakt maka sudah bisa digunakan sebagai instrumen brass.

Link Download


Insanity Samples – New Orleans Brass (KONTAKT)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel