Desain Interior Ruang Makan Yang Ideal Tanpa Biaya Mahal - Pastipas.COM
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain Interior Ruang Makan Yang Ideal Tanpa Biaya Mahal

Memiliki ruang makan yang bersih, rapi, dan nyaman merupakan idaman bagi setiap keluarga. Karena ruang makan memiliki banyak fungsi untuk berbagai aktivitas. Fungsi ruang makan tidak hanya digunakan ketika makan bersama keluarga, akan tetapi ruang makan juga dapat digunakan untuk belajar dan bersantai bersama dengan keluarga. Jika mengacu kepada konsep desain interior rumah minimalis, ruang makan dapat didesain sebagai ruangan multifungsi yang lebih fleksible. Mungkin dikarenakan ukuran rumah yang tidak terlalu luas.

Desain Interior Ruang Makan Yang Ideal


Baca Juga : Denah Rumah Lengkap

Ruang makan juga sering disebut sebagai ruang keluarga kedua. Karena ruangan ini juga sebagai tempat berkumpulnya anggota keluarga untuk menikmati santapan makan dan saling berbagi cerita. Dalam interior ruang makan, furniture meja makan dipilih dengan ukuran yang telah disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Agar penataan ruangan terlihat lebih luas dan terkesan rapi. Masih bingung mengenai desain interior ruang makan? Dalam artikel kali ini akan dipaparkan mengenai beberapa tips yang dapat membantu Anda mendesain interior ruang makan, sehingga bisa memberikan kenyamanan saat Anda menyantap makanan bersama keluarga. Berikut ulasan selengkapnya.

Untuk letak ruang makan biasanya berdekatan dengan letak dapur, hal ini untuk mempermudah dalam penyajian makanan dan minuman. Jika Anda lebih suka dengan suasana alam, anda bisa mendesain ruang makan berdekatan dengan teras rumah, sehingga Anda bisa menikmati makanan dengan view bertema alam bebas.

Perlu diperhatikan dalam pemberian warna dan pendekorasian pada ruang makan. Hal in akan ikut memberikan kenyamanan pada anda dan keluarga, sehingga dapat betah berlama-lama di ruangan ini. Dalam pemberian warna pada ruangan ini, seharusnya menggunakan warna yang cerah. Karena warna cerah dapat memberikan sugesti yang positif sehingga akan membuat anda merasa nyaman berada di ruangan tersebut. Pemberian warna pada ruang makan juga harus diselingi dengan warna furniture yang mendukung, hal ini untuk memberikan kesan yang selaras pada ruangan.

Desain Interior Ruang Makan Yang Ideal

Selain pemberian warna yang selaras, dalam desain interior ruang makan mengenai penataan cahaya juga harus diperhatikan. Penataan cahaya pada ruang makan dapat menggunakan pencahayaan yang memfokuskan pada ruang meja makan. Ini bertujuan untuk menggugah selera makan Anda. Cahaya pada ruang makan jangan terlalu gelap dan terlalu terang. Jika terlalu gelap akan memberikan ilusi yang seram yang menjadikan keluarga anda tidak betah untuk beraktivitas di ruang makan. Jika terlalu terang Misalnya menggunakan jenis lampu yang membuat silau pandangan mata ( misal lampu halogen atau lampu tembak ) tentu saja hal ini akan sangat mengganggu dalam beraktivitas. Selain itu juga bisa merusak kesehatan mata. Berikan pencahayaan yang pas untuk kenyamanan keluarga anda.

Untuk sistem sirkulasi udara, berikan sirkulasi yang cukup untuk membuang udara kotor yang mengendap pada ruang dapur, mengingat ruang makan yang berdekatan dengan ruang dapur. Sehingga sisa proses memasak tidak dapat mengganggu aktivitas anda selanjutnya. Jika letak ruang makan berdekatan dengan teras, berikan model jendela dengan ukuran besar. Ukuran jendela ideal memiliki lebar 1 m dan panjang 2 m, hal ini untuk memberikan kesejukan dan kenyamanan Anda dalam menyantap makanan.

Demikian lah paparan yang dapat kami sampaikan mengenai desain interior ruang makan. Beberapa tips yang dibahas dalam ulasan di atas Semoga bisa anda jadikan referensi dalam mengambil keputusan dalam mendesain rumah impian anda. Konsultasikan pada pakarnya dalam memaksimalkan hasilnya.