Perbedaan Harddisk Dan SSD - Pasti Pas

Solusi Lengkap Download, Dapatkan Informasi dan Artikel Menarik

Perbedaan Harddisk Dan SSD

Hingga saat ini media penyimpanan sangat lah penting untuk menyimpanan berbagai jenis media seperti foto, musik, video, dokument atau file lainnya yang menurut kamu penting.

Mungkin ada beberapa dari kalian yang belum mengetahui SSD, tenang jangan khawatir saya akan menjelaskan sekarang juga. 

SSD adalah panjangan dari Solid State Drive media penyimpanan ini bisa di gunakan untuk menyimpan file sistem ataupun file lainnya. Layaknya seperti hardisk. Apa kamu sudah mengetahui perbedaan dari keduanya, jika belum yu simak artikelnya ada di bawah ini.

Perbedaan Harddisk Dan SSD

Hardisk Dan SSD
Dari kedua media penyimpanan tersebut tentunya ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan juga mempunyai perbedaan di antara keduanya.

Harddisk

Pastipas.com

HardDisk yang hanya mengandalkan komponen bergerak untuk media penyimpanan tersebut. Di dalam harddisk terdapat disk dan magnetic head, disk akan berputar terus menerus selama harddisk itu di pakai. 

Saat hal-hal yang tidak di inginkan terjadi seperti terjatuh, kepanasan bisa menyebabkan magnetic head menyentuh disk yang dapat menyebabkan data yang ada di dalamnya rusak.

Kelebihan Harddisk

  • Hardisk biasanya memiliki kapasitas yang cukup besar
  • Harga lebih murah di bandingkan dengan SSD

Kekurangan Harddisk

  • Harddisk biasanya akan menimbulkan bunyi
  • Harddisk lebih rapuh saat terjatuh dari ketinggian tertentu

SSD (Solid State Drives)

SSD memang jauh lebih baik dari harddisk dan banyak kelebihan yang tidak di miliki oleh harddisk, mulai dari tahan guncangan dan hingga proses read dan write yang cepat. 
File dalam SSD bisa tahan guncangan akibat file yang masuk langsung otomatis unmovable. Sehingga kamu tidak perlu lagi melakukan defrag rutin seperti saat kamu mengguna harddisk.

Kelebihan SSD

  • Kecepatan akses lebih tinggi dari pada harddisk
  • Tranfer data lebih cepat
  • Tahan guncangan

Kekurangan SSD

  • Harga lebih mahal
  • Kapasitas yang lebih sedikit di bandingkan harddisk
Bagaimana sekarang sudah pahamkan Perbedaan Harddisk Dan SSD. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini dengan cara mengklik ikon sosial media di bawah ini lalu membagikannya.

Jika ada pertanyaan tentang artikel ini silahkan berikan komentar yang relavan ya.
-->