Solusi Lengkap Download, Dapatkan Informasi dan Artikel Menarik

Review Mixcraft 7 Acoustica DAW Alternatif Terbaik


Jika anda mencari sebuah software pembuat musik yang terjangkau, berkualitas, dan mudah digunakan, Mixcraft 7 Acoustica menjadi sebuah software yang memenuhi kebutuhan anda. Tidak semua orang nyaman dengan DAW dari brand besar yang telah ada di pasaran saat ini. Bagi pengguna Windows, terdapat sejumlah alternatif software DAW yang sangat bagus dan bisa dipilih untuk menjadi pengganti DAW anda. Acoustica Mixcraft menjadi salah satu opsi yang saat ini telah terdapat 7 versi dimana versi 7 ini menjadi versi terbarunya. Mixcraft 7 hadir pada beberapa varian yaitu Home Studio 7, Mixcraft 7 Standar, dan Pro Studio 7. Mixcraft adalah perangkat lunak layaknya software DAW lainnya, namun pada artikel ini akan berfokus pada fitur fitur baru yang spesial.
 
Mixcraft menyediakan perekam audio multitrack dan pengurutan midi yang berbasis trek atau timeline seperti yang dikenal pada beberapa DAW. Dukungan untuk hardware audio juga disertakan sehingga anda mendapatkan berbagai pilihan pengeditan audio dan MIDI dengan sangat mudah. Fitur mixing virtual yang mencakup sistem otomatisasi, channel send & return yang bermanfaat dalam penggunaan efek, serta channel group juga sangat berguna dalam proses mixing. Pada Mixcraft 7 juga menyediakan tampilan produksi audio yang sangat solid dan memiliki semua fitur dasar yang dibutuhkan dalam pembuatan musik.

Pada versi 7 ini, Mixcraft juga menyediakan dukungan untuk Windows dengan sistem 64-bit yang sangat berguna dengan dilengkapi plugin yang kompatibel untuk versi 64-bit tersebut. Peningkatan pada sistem otomatisasi dan peningkatan algoritma dalam time stretching dan pitch shifting juga menjadi fitur baru dalam Mixcraft 7 yang sangat signifikan. Terdapat pula dukungan kontrol seperti Makie Control dan Novations Launcpad yang memudahkan anda dalam mengedit piano roll dan memperluas loop audio dari sampel.

Sampler

Pada versi standar dan pro keduanya memiliki dua instrumen sampler baru yaitu bernama Alpha dan Omni. Kedua sampler ini dirancang untuk kemudahan pengguna dan untuk memudahkan dalam pembuatan suara yang sangat mudah dikustomisasi. Dengan Sampler Alha, anda cukup melakukan drag & drop sampel audio dari berbagai sumber (library atau tab suara) dan mengatur nada dasar dari sampel asli yang kemudian langsung akan dipetakan dalam keyboard dan siap dimainkan. Sedangkan Omni lebih ditujukan untuk kebutuhan perkusi dan memberikan pengaturan grid. Hal ini jelas diperuntukkan bagi anda dalam membuat sampel drum kit hanya dengan melakukan drag & drop.

Renegade

Instrumen virtual baru lain yang disertakan yaitu Renegade yang merupakan sebuah synthesizer analog virtual yang menyediakan banyak tombol virtual sebagai pengaturannya. Terdapat beberapa preset luar biasa yang disediakan dimana pada software ini memiliki kelebihan pada suara bass yang dihasilkan sangat tebal. Namun hal itu tidak mengurangi kualitas pada lead dan chord yang sebagian besar memberikan gaya EDM. Sementara itu juga terdapat sebanyak 256 kumpulan suara standar yang bisa anda gunakan untuk memperkaya musik anda.

Glass Viper

Pada versi pro terdapat dua instrumen virtual lain yang lebih lanjut yaitu Glass Viper. Instrumen tersebut adalah semacan synthesizer emulator dari DX7. Anda bisa mendengarkan suara khas dari DX7 melalui beberapa preset yang tersedia. Synth ini mampu menghasilkan sampel suara yang sangat beragam dengan didukung tampilan antarmuka yang terlihat rumit namun detail yang diberikan sangat baik untuk kualitas sound yang dihasilkan.

Plugin

Mixcraft menyediakan berbagai alat pemrosesan audio dan efek plugin yang cukup lengkap dan tentunya berkualitas. Hal ini mencakup semua jenis efek seperti EQ, kompresi, reverb, pith correction, emulasi tape, dall. Namun pada edisi Pro terdapat tambahan sebanyak 11 audio efek yang baru, salah satunya yaitu TRW1 Vacuum Tube Triode Warmer atau BE1 Vacuum Tube Bass Enhancer. Sesuai namanya, kedua efek tersebut berfungsi dalam mengatur warm atau bright dalam sebuah trek musik.

Virtual Amp

Mixcraft juga telah menyertakan paket Virtual Amp sehingga anda tidak membutuhkan tambahan plugin lain untuk memainkan bass ataupun gitar dalam DAW ini. Virtual Bass Amp Studio Devil hadir bersama dengan Shred Amp Simulator dan Voxengo Amp Simulator yang akan memenuhi kebutuhan sound amplifier anda. Meskipun cukup bagus, namun ketika amp simulator diatas masih kalah dari Guitar Rig dalam hal fitur sehingga jika anda menginginkan kemudahan fitur sebaiknya anda menambahkan plugin Guitar Rig pada DAW ini.

Mixraft 7 Acoustica menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang bosan dan tidak nyaman dengan DAW merk besar yang ada saat ini. Dengan banyaknya dukungan fitur serta plugin yang berualitas membuat software DAW ini layak diperhitunkan. Tentunya anda akan mendapatkan semua fitur all-in-one dalam satu paket software yang ditawarkan dalam berbagai varian.
-->