Review GarageBand 2.2 DAW dari Apple untuk iOS


Tahun lalu, Apple telah merilis sebuah software bernama GarageBand 2.1 yang merupakan sebuah DAW yang memiliki sejumlah fungsi baru seperti Live Loops, Remix FX, Drummer, dan dukungan untuk ekstensi unit audio. Tahun ini, GarageBand 2.2telah resmi dirilis bersama dengan aplikasi Logic Control dan versi terbaru dari Logic Pro X pada Mac OS. GarageBand menjadi pilihan terbaik ketika anda yang menggunakan device dari Apple seperti Mac karena GarageBand ini memang didesain khusus untuk itu dan memiliki berbagai fitur yang kompatibel. Oleh karena itu selain pilihan DAW yang ada di pasaran, GarageBand menjadi salah satu pilihan terbaik untuk pengguna Mac.
 
Banyak hal baru yang ditawarkan dalam aplikasi ini seperti pada browser yang didesain ulang dimana terdapat kategori tiap halaman sehingga akan memudahkan anda dalam melakukan pencarian sampel musik. Namun selain itu, Apple juga menyertakan sentuhan baru pada bagian instrumen yaitu dengan adanya Alchemy yang merupakan sebuah synth versi iOS yang saat ini telah hilang dari App Store dan saat ini juga sudah termasuk dalam paket Logic Pro 10.2.

Alchemy menawarkan tampilan antarmuka yang didasarkan pada Logic Pro X dan pada GarageBand ini juga menawarkan fitur tampilan penuh dari plugin. Salah satu fitur asli dari alchemy yang tetap dipertahankan adalah kemampuannya untuk memodulasi Transform Pad dengan cara memiringkan perangkat iOS anda. Fitur ini menjadi satu hal yang sangat praktis yang dapat diaktifkan dengan tombol pada keyboard. Dengan fitur ini anda akan mendapatkan lebih dari 150 tambahan jenis synth yang bisa anda gunakan.

Selanjutnya perekam audio pada GarageBand 2.2 juga telah sepenuhnya diperbarui yang saat ini telah menawarkan kontrol pada tingkat output, kemampuan untuk monitoring sinyal, dan menyediakan berbagai pilihan multiefek. Efek yang terdapat pada software ini terbagi menjadi dua tab yaitu Fun dan Studio. Tab Fun menyediakan berbagai jenis efek dengan tema modern dan fun, sedangkan tab Studio menawarkan efek yang lebih serius untuk pembuatan musik dan situasi perekaman tertentu. Seperti ketika anda merekam vokal dan membutuhkan  perbaikan dalam vokal tersebut seperti koreksi nada, kompresi, delay, dan parameter lainnya yang dapat anda atur pada tab efek studio ini.

Peningkatan tampilan antarmuka pengguna yang juga cukup signifikan adalah pada bagian Track Controls, yang merupakan panel inspector yang berada pada sisi kiri dan berfungsi menggantikan tab lagu. Pengguna iPad juga akan mendapatkan tombol Track Controls khusus pada bagin kontrol, sementara pengguna iPhone bisa mendapatkan tombol Track Controls pada bagian pengaturan. Panel ini memungkinkan pengguna untuk mengakses parameter seperti level, mute, solo, efek, serta terdapat pula halaman pengaturan track yang sangat berguna ketika proses mixing sebuah musik. Pengaturan track yang tersedia termasuk Quantise, Transposition, Velocity, dan Recording. Anda juga dapat mengakses pengaturan Merge Recording dan mengaktifkan pengaturan baru untuk Multi Take Recording. Fitur Multi Take Recording sangat bagus dan memungkinkan anda merekan sebuah instrumen untuk semua channel yang ada dalam trek lagu anda.

Apple juga telah menambahkan beberapa efek baru ke GarageBand seperti Bitcrusher dan Overdrive. Meskipun hanya tambahan, namun tampilan yang diberikan sudah menawarkan visualisasi EQ yang mengadopsi dari Logic Pro X’s Channel EQ yang disederhanakan. Channel EQ tersebut menawarkan pengaturan untuk 8 band EQ dengan tiga bass, mid dan treble serta tetap menggunakan analisa FFT.
Dengan versi terbaru dari Logic Pro X (10.3) sekarang memungkinkan anda untuk mengerjakan proyek musik anda ke GarageBand untuk iOS melalui iCloud Drive. Ketika anda membuka GarageBand pada perangkat anda, maka anda akan melihat satu trek audio yang merupakan proyek yang telah anda simpan pada iCloud Drive. Anda dapat melakukan editing pada GarageBand di iOS anda dan ketika anda membukanya pada versi Logic Pro akan muncul pertanyaan apakah anda akan memasukkan perubahan terbaru dari GarageBand atau tidak. Hal itu sangat memudahkan kita dalam membuat sebuah musik karena kita bisa mengerjakannya dengan menggunakan perangkat Apple tanpa harus membuka PC.

Ada juga banyak fitur kecil yang ditambahkan seperti Visual Count-in dimana fitur ini akan muncul ketika anda menekan tombol recording dan akan menghilang ketika perekaman dimulai. Fitur lain yaitu anda juga dapat menggunakan chord strip piano pada instrumen keyboard apapun dengn menekan tombol chord strip pada arpeggiator. Terakhir yaitu fitur Note Pad baru yang memungkinkan anda untuk menulis ide musik anda pada note pad tersebut.

GarageBand untuk iOS memang sangat mengesankan dengan berbagai fiturnya yang sangat canggih. Keberadaan aplikasi ini memungkinkan anda untuk menyelesaikan produksi musik hanya dengan perangkat Apple tanpa harus berada didepan PC setiap waktu. Tentunya dengan dihubungkan software Logic Pro yang tidak akan mengurangi kualitas musik yang anda produksi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel