Solusi Lengkap Download, Dapatkan Informasi dan Artikel Menarik

Review Synthesizer Dune 3 dari Synapse Audio


Sejak pertama kali di rilis oleh Synapse Audio, Dune menjadi salah satu synthesizer instrumen digital yang sangat terkenal. Dune 3 merupakan sebuah instrument yang dapat dijalankan pada PC atau Mac baik 32-bit maupun 64-bit. Format yang diberikan oleh Dune ini yaitu VST 2, AU dan AAX yang dapat digunakan dalam sebuah DAW ataupun sequencer. Dune 3 menjadi versi terbaru dari synthesizer keluaran synapse audio.
 Image result for dune 3
Dune adalah kependekan dari Differential Unison Engine yang merupakan sebuah synthesizer dengan beberapa generator suara dengan fitur panning dan pengaturan yang kuat. Dengan tampilannya yang cukup sederhana, Dune dilengkapi dengan modul osilator komposit yang diberikan ke dalam modul dual filter untuk tiap suara dan dilengkapi dengan rantai efek dual line untuk semua channel suara. Terdapat pula sistem modulasi yang memiliki envelope khusus yaitu amp dan filter, selain itu juga terdapat envelope MSEG dan LFO yang dapat digunakan dalam sistem modulasi.

Dune 3 juga telah dianggap sebagai suatu mesin produksi suara yang multi dimensi. Hal itu karena kemampuannya untuk menciptakan beberapa suara secara serentak dan berlapis hingga 8 suara berbeda yang dapat digabungkan dan dimainkan secara serempak dengan cara ini. Setiap suara akan merespon input dari MIDI secara langsung dan dapat dialihkan melalui rantai efek. Fitur tersebut menjadi salah satu fitur unggulan dari synthesizer ini.

Modul Osilator

Dalam Dune 3, modul osilator terdiri dari 3 osilator dan generator yang digabungkan dengan kemampuan ring modulasinya. Dua osilator tersebut termasuk dalam jenis osilator yang rumit sedangkan satu lainnya adalah sub-osilator yang sederhana. Osilator 1 dan 2 itu memiliki kemampuan untuk menghasilkan suara yang berupa virtual analog (VA), wavetable (WT) ataupun FM. Parameter untuk ketiga jenis osilator ini dapat dilihat pada bagian sebelah kanan yang mencakup tuning dalam osilator.

Modul osilator ini memungkinkan anda untuk mengeksplorasi sound synthesizer dengan lebih leluasa dan fleksibel tentunya. Berbagai jenis sound bisa anda dapatkan dengan kombinasi osilator yang ada dan juga ditambah dengan jenis efek serta fitur lain dari Dune 3 ini. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri dari Dune 3 karena kebanyakan pemain synthesizer pasti menginginkan kemampuan eksplorasi sound yang luas dan fleksibel.

Modul Filter

Mode pemfilteran dalam Dune 3 dilakukan dengan modul filter yang mengikuti bagian osilator. Dalam dune 3 terdapat 2 filter dengan kemampuan identik dan modul FX yang sederhana. Hal ini dapat dikonfigurasikan atau diatur dalam beberapa cara pada panel filter. Terdapat beberapa tipe filter yang dapat digunakan dan dikombinasikan satu sama lain. Dengan pengaturan filter ini juga akan menambah keberagaman sound yang dihasilkan. Slot efek dalam modul filter juga memiliki beberapa opsi seperti berupa tipe distorsi atau tipe filter sederhana. Hal itu dapat anda sesuaikan secara individual sehingga mencapai sound yang anda inginkan.

Modulasi

Terdapat 3 aspek modulasi secara umum yaitu envelope ADSR, LFO & MSEG, serta matriks modulasi. Terdapat 3 jenis LFO dan 4 jenis MSEG yang dapat anda pilih dimana hal ini akan mendukung kompleksitas dari suara yang anda buat. Matriks modulasi adalah bagian lain dari modulasi yang berada pada tab bagian tengah. Sumber modulasi meliputi data kontrol MIDI, nilai numerik, LFO, MSEG dan not atau arpeggiator. Adanya modulasi akan menambah kekayaan suara dalam satu synthesizer karena modulasi menjadi nyawa suara yang dihasilkan.

Rantai FX

Bagian terakhir yaitu bagian FX yang terdiri dari 2 macam rantai yang identik. Dalam Dune 3, FX ditampilkan secara individual untuk setiap rantai. FX yang terdapat disini seperti EQ dan delay dapat diatur secara individual untuk memudahkan pengguna dalam membentuk FX suara yang diinginkan. Keberadaan FX ini juga akan sangat membantu pengguna dalam hal eksplorasi sound secara lebih detail dan lebih mendalam.

Konklusi

Ada banyak hal yang menjadi kelebihan dari Dune 3 seperti dari segi fitur maupun tampilannya dan akan sangat panjang jika harus disebutkan satu per satu. Namun, tentu saja yang paling penting yaitu dari segi suara yang dihasilkan dimana hal itu yang akan menjadi penilaian secara umum terhadap synthesizer ini. Dengan mesin yang canggih dilengkapi osilator dan filter yang telah disebutkan sebelumnya membuat Dune 3 ini menjadi synthesizer dengan kualitas suara yang tak kalah dengan synthesizer mahal yang dijual di pasaran. Pada dasarnya suara yang dihasilkan dari Dune 3 ini memang sudah sangat bagus apalagi dilengkapi dengan modulasi dan efek yang tersedia. Dune 3 sangat cocok untuk anda yang membutuhkan synthesizer digital dengan suara yang dinamis dan fleksibel dimana dapat anda atur dengan sangat mudah.
-->