Review DAW Cubase 10 dari Steinberg


Cubase adalah sebuah software Digital Audio Workstation (DAW) keluaran dari Steinberg. Bagi para produsen musik, cubase bukanlah sesuatu yang baru dimana DAW ini telah mengalami pembaruan yang sangat banyak dari versi pertama hingga versi terbarunya yaitu Cubase 10. Dari waktu ke waktu, software ini mengalami banyak perbaikan dari berbagai segi terutama kemampuannya dalam memproduksi musik serta kemampuannya berperan sebagai sequencer MIDI. Cubase ini juga menjadi produk andalan dari Steinberg dalam bidang produksi musik.
 Image result for cubase 10
Menjadi aplikasi DAW, cubase ini memiliki fungsi utama yaitu membantu produksi atau pembuatan musik. Sebuah DAW memiliki fitur dasar dalam pembuatan musik seperti adanya timeline, trek, channel, mixer, dll. Namun fitur itu saja tak cukup untuk membuat sebuah DAW menjadi yang terbaik karena sebuah DAW juga harus dilengkapi fitur lain yang membedakannya dari produk lain sehingga layak menjadi pilihan. Berikut ini adalah review DAW Cubase 10 Steinberg dari berbagai segi.

Penampilan

Hal pertama yang mendapatkan perubahan dalam Cubase 10 adalah dari segi user interface atau penampilannya. Meskipun tata letak pada umumnya tetap sama seperti pada Cubase versi sebelumnya, namun tombol-tombol dan ikon dirancang ulang dan diberi tampilan datar yang memang membuatnya terkesan simpel namun elegan.

Strip channel seperti pada slot pemrosesan standar untuk noise gate, EQ dan kompresi pada tiap channel juga mengalami perombakan visual. Panel untuk berbagai tools telah diberi desain yang lebih bersih dan tidak berantakan, pada Cubase 10 juga memungkinkan anda untuk menyusun ulang strip channel dengan mudah. Perubahan penampilan dari Cubase 10 ini membuatnya menjadi terlihat lebih elegan dan memudahkan pengguna dari segi penggunaan.

Namun tidak semua bagian dalam cubase 10 ini mengalami pembaruan dan perbaikan dari segi penampilan. Seperti pada beberapa bagian yaitu track inspector, track head, dan jendela mixer yang tidak banyak mengalami perubahan. Meskipun begitu, kemampuan memproses sound dari Cubase 10 ini tidak berkurang karena banyaknya fitur lain yang mendukung untuk hal itu.

Fitur Penyelarasan Audio

Fitur AudioWarp pada Cubase sangat berguna ketika anda bekerja dalam trek vokal yang bertumpuk. Fitur ini menyediakan penyesuaian waktu yang dapat dicocokkan dengan trek yang lain dengan mudah karena anda tak perlu lagi menyesuaikannya secara manual yang tentunya menyita waktu terutama ketika anda memiliki banyak trek untuk digabungkan. Fitur ini akan sangat berguna untuk anda.

Fitur baru lain yang juga menarik adalah fitur snapshot dimana fitur ini dapat dijumpai pada bagian MixConsole. Fitur ini memungkinkan anda untuk mengingat pengaturan tertentu tanpa mengharuskan anda untuk menyimpannya sebagai preset. Tambahan lain dari MixConsole adalah kemampuan menampilkan pembacaan latensi pada masing-masing plugin dan mengelolanya di latar belakang sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang latensi. Hal ini sangat berguna ketika anda bekerja dengan menggunakan FX Chains.

Instrumen dan Efek

Jumlah plugin yang disediakan oleh Cubase dalam paket ini selalu bertambah baik itu jumlah maupun kualitasnya. Plugin tersebut mencakup semua jenis efek seperti reverb, dinamic, delay, modulasi dan sebagainya. Dalam Cubase 10 ini terdapat satu plugin baru yang bernama Distroyer. Plugin ini adalah sebuah overdrive yang akan memberikan sound drive lebih kotor dalam trek. Terdapat juga parameter yang memungkinkan anda untuk menyesuaikan efek seperti keinginan anda untuk menghasilkan musik yang berkarakter.

Terdapat pula pembaruan yang signifikan untuk reverb yaitu plugin Reverensi yang mengalami perbaikan dari segi visual serta terdapatnya 20 jenis impuls reverb bertema vintage yang baru. Selain itu anda masih dapat mengimpor impuls anda sendiri.
Dari segi instrumen tidak terdapat jenis instrumen baru di Cubase 10 namun sampel drum dan pola dalam Groove Agent SE telah diperbarui dalam versi 5. Hal itu memberikan perubahan dari segi tata letak dan juga beberapa kit akustik yang baru.

Kesimpulan

Steinberg telah memberikan banyak perubahan dan perbaikan yang baru dalam Cubase 10 ini. Hal itu membuat Cubase 10 menjadi lebih dari software DAW yang lain dengan fitur yang ada. Namun terdapat beberapa kekurangan dalam Cubase 10 ini seperti halnya Bugs yang masih belum terselesaikan.

Dalam cubase 10 ini banyak sekali jenis plugin, instrumen, sampel, dan patches yang diberikan dan memungkinkan anda untuk mengeksplorasi jenis sound dalam pembuatan musik. Hal itu menjadikan Cubase 10 ini menjadi salah satu DAW terbaik yang ada saat ini. Cubase 10 ini sangat tepat untuk anda yang memang sudah terbiasa menggunakan DAW dalam produksi musik karena jika anda baru memulai atau pemula, Cubase 10 akan menjadi sebuah DAW yang asing karena tampilannya yang lebih kompleks dibandingkan jenis DAW lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel