Solusi Lengkap Download, Dapatkan Informasi dan Artikel Menarik

5 VST Amp Simulator Gitar Terbaik


Sebagai seorang gitaris, amplifier merupakan salah satu kebutuhan sound dasar yang harus dipenuhi untuk dapat memainkan gitarnya. Pada dasarnya fungsi amplifier adalah sebagai penguat sound yang dihasilkan, namun tak hanya terbatas pada hal itu amplifier juga memiliki peran penting dalam menentukan karakter sound gitar yang dihasilkan sebelum masuk ke speaker. Hal itu karena dalam amplifier ini sound gitar akan diproses dan diberi pengaturan sehingga mengalami perubahan karakter sesuai dari ampli yang digunakan. 
 Image result for kuassa amplifikation
Di pasaran, amplifier gitar yang memberikan kualitas sound yang baik memiliki harga yang cukup tinggi. Hal itu menjadi masalah lain untuk gitaris ketika menginginkan sound gitar yang berkualitas. Amp simulator menjadi solusi untuk para gitaris yang menginginkan sound gitar dengan karakter suara khas amplifier ternama dengan bermodalkan PC. Anda bisa mendapatkan karakter sound dari amplifier merk ternama hanya dengan menggunakan simulator berbasis VST plugin saja. Tentunya sound yang dihasilkan juga tidak kalah dengan sound amplifier asli bahkan untuk segi rekaman anda akan dimudahkan dengan menggunakan VST karena sistem direct atau langsung dari gitar dapat direkam secara langsung.

Berikut ini adalah pilihan beberapa VST amplifier simulator gitar gratis terbaik.

The Anvil dari Ignite Amps

Ignite amps merupakan salah satu produsen amp simulator vst yang telah mengeluarkan beberapa produk. Salah satu produk terbaiknya adalah The Anvil yang merupakan head amp simulator untuk gitar. The Anvil memiliki 3 channel yaitu clean, rhythm, dan lead dimana anda dapat memilih salah satu channel ini. Channel clean memberikan suara clean yang bersih dan berkarakter tentunya dengan dilengkapi parameter yang dapat anda atur lagi dan terdapat switch pilihan untuk suara bright. Channel rhythm memungkinkan anda untuk mendapatkan sound drive yang tidak begitu tebal dan cocok digunakan untuk memainkan rhythm. Sedangkan pada channel lead anda akan mendapatkan suara distorsi yang lebih tebal untuk kebutuhan lead gitar. Pada channel ini juga tersedia pilihan shape dan bright untuk membentuk sound gitar.

Amplifikation Lite dari Kuassa

Kuassa adalah pengembang peralatan musik berbasis vst plugin yang berasal dari Indonesia. Salah satu produknya yaitu Amplifikation Lite yang merupakan sebuah amplifier gitar menjadi produk andalannya. Sama seperti pada The Anvil, Amplifikation Lite memiliki 3 jenis channel yang dapat anda pilih yaitu clean, rhythm dan lead dengan pengaturan individual yang berbeda. Amp ini memiliki karakter sound clean yang bersih namun dari sound drive atau distorsinya sendiri juga cukup tebal. Terdapat fitur cabinet simulator yang dapat anda nyalakan atau matikan.

Poulin SoloC Head dari LePou

Poulin menjadi salah satu amp simulator yang patut untuk anda pilih karena karakter suara yang dihasilkannya sangat realistis. Poulin SoloC Head memiliki 2 channel yaitu normal dan overdrive dengan pada masing-masing channel memiliki pilihan clean atau crunch serta drive atau boost sehingga pilihan suara yang ada sudah sangat banyak. Kelebihan dari Poulin SoloC Head ini yaitu dari segi sound drive atau overdrivenya dimana suara drive yang dihasilkan sangat rapat dan realistis. Jika dibandingkan dengan amplifier gitar maka sound dari amp ini akan terdengar mirip seperti sound amplifier marshall JCM 900. Jika anda menginginkan sound overdrive yang berkualitas, maka Poulin SoloC Head ini menjadi pilihan yang sangat baik.

Poulin Le456 dari LePou

Satu lagi produk dari LePou yang dapat anda pilih yaitu Poulin Le456. Berbeda dengan Poulin SoloC Head yang memiliki keunggulan dari overdrivenya, Poulin Le456 ini memiliki keunggulan dari segi cleand soundnya. Suara clean dari amp ini sangat jernih dan memiliki karakter bright yang cukup tinggi. Jika anda menginginkan suara gitar clean dengan karakter bright maka amp ini adalah pilihan yang paling baik. Bahkan pada Poulin Le456 ini terdapat 3 switch untuk focus, bottom, dan bright yang mampu mengatur dan menambah ketajaman suara yang dihasilkan. Amplifier ini sangat cocok untuk anda yang bermain picking pada gitar atau fingerstyle karena suara yang dihasilkan sangat jernih.

Fourteen MH

Amp simulator terakhir yang dapat menjadi pilihan yaitu Fourteen MH. Amp ini merupakan simulator dari amplifier ternama yaitu krankenstein. Pada Fourteen MH, amplifier berbasis tube amp digunakan disini sehingga anda yang suka dengan suara analog khas ampli tabung, maka akan terpuaskan dengan karakter suara Fourteen MH. Bahkan dari penampilannya, dalam amp ini juga menampilkan tabung yang digunakan. Meskipun parameter pengaturan yang tersedia hanya sedikit, namun karakter suara khas vintage amp akan didapatkan dari Fourteen MH. Seperti layaknya amplifier tabung pada umumnya, Fourteen MH juga memiliki tingkat noise yang cukup tinggi sehingga anda perlu menggunakan noise gate untuk mengatasinya.
-->