Review Virtual Piano Klasik Virtual Grand Piano 3


Virtual Grand Piano 3 adalah sebuah piano virtual yang menyediakan library piano dengan variasi yang sangat beragam. Art Vista Production adalah pengembang dari Virtual Grand Piano 3 yang berhasil mengeluarkan sebuah piano virtual dengan sampel library yang berkualitas dan memiliki keserbagunaan tinggi mulai dari musik klasik, jazz hingga pop maupun rock dapat dilakukan dengan Virtual Grand Piano 3 ini. Itulah mengapa Virtual Grand Piano 3 disebut sebagai simulator piano yang sangat fleksibel. Sebelumnya Art Vista Production ini memang telah memproduksi beberapa jenis instrumen digital lain seperti bass hingga vibes, namun piano tetap menjadi fokus utama mereka. Art Vista Production telah memiliki 3 jenis varian piano yaitu Malmsjo, Virtual Grand Piano, dan Supergrand.

Tampilan Antarmuka

Ketika anda membuka Virtual Grand Piano 3 dalam bentuk VST plugin maupun standalone, anda bisa mendapatkan semua instrumen yang ditawarkan oleh Art Vista Production ini. Anda juga dapat dengan mudah membuka serta menyesuaikan preset sesuai dengan keinginan anda dan tidak ada batasan untuk itu. Terdapat menu drop-down untuk anda memilih preset dan controller yang bisa anda gunakan. Terdapat juga beberapa knob serta tombol untuk pengaturan preset yang dapat anda ubah sesuai kebutuhan eksplorasi sound anda. Selain menggunakan preset yang sudah ada, anda juga dapat membuat sendiri preset anda dan menyimpannya. Tampilan dari Virtual Grand Piano 3 ini memang sangat sederhana dan jelas meskipun digunakan oleh pemula. Didukung pula dengan background GUI dengan tulisan dan bentuk grafis klasik yang semakin membuat Virtual Grand Piano 3 terlihat otentik.

Preset

Secara default, Virtual Grand Piano 3 akan memuat preset klasik ketika pertama kali dibuka namun jangan khawatir karena disana tersedia berbagai macam pilihan preset yang bisa anda pilih. Semua preset yang ada dibalut dengan kesan klasik yang bisa dilihat dari namanya seperti preset vintage rock, vintage pop, vintage jazz, dll dimana hal itu akan membuat nuansa klasik pada musik anda. Selain preset klasik terdapat juga banyak preset lain yang lebih modern ataupun preset dari artis terkenal seperti Billy Preston, Aretha Franklin, Elton John, Norah Jones, dll dimana preset ini sangat menyerupai instrumen milik artis yang disebutkan.

Controller

Virtual Grand Piano 3 ini memiliki 22 pilihan MIDI keyboard controller namun jumlah tersebut tidak cukup banyak mengingat banyaknya jenis MIDI kontroler yang ada sehingga dalam sektor ini masih diperlukan pengembangan untuk itu.

Karakter Suara

Karakter suara yang dihasilkan oleh Virtual Grand Piano 3 ini sangat alami dan realistis. Bahkan hampir mendekati suara asli dari instrumen yang dipilih tersebut meskipun memang terdapat beberapa kekurangan yang dapat dimaklumi karena ini hanya berupa instrumen virtual saja. Hamburg Steinway adalah salah jenis piano yang digunakan untuk sampel pada Virtual Grand Piano 3 dan suara yang dihasilkan oleh software ini memang begitu realistis seperti Hamburg Steinway pada aslinya. Sesuai dengan konsepnya, Virtual Grand Piano 3 ini memang terdengar sedikit vintage atau klasik dan memang sangat baik kualitasnya. Meskipun berkonsep klasik, bukan berarti piano ini tidak dapat digunakan untuk musik modern. Piano ini memiliki fleksibilitas yang cukup tinggi sehingga tetap akan cocok digunakan untuk musik modern sekalipun.

Efek

Untuk pengaturan suara, efek memang sangat diperlukan. dalam Virtual Grand Piano 3 ini juga memiliki beberapa pengaturan efek suara yang bisa dioptimalkan penggunaannya untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih tinggi. Seperti efek reverb, limiter, EQ, kemudian terdapat juga pengaturan seperti mic pos, mid cut, dan widht. Semua pengaturan tersebut akan sangat bermanfaat dalam eksplorasi sound. Selain efek, pada bagian atas tampilan Virtual Grand Piano 3 juga terdapat tuning untuk melakukan penyeteman secara manual, stereo balancing untuk mengatur dimensi suara yang dihasilkan karena pada dasarnya Virtual Grand Piano 3 ini juga telah mendukung untuk suara stereo, dan juga terdapat pengaturan volume level yang standar.

Konklusi

Virtual Grand Piano 3 menyediakan library piano serbaguna yang sangat menarik untuk berbagai jenis musik. Meskipun untuk jenis musik modern piano ini kurang berkarakter untuk itu, namun suara yang dihasilkan oleh Virtual Grand Piano 3 ini memiliki bright yang tinggi, halus dan berkarakter dalam konsep klasik sehingga akan sangat cocok untuk menambah nuansa klasik pada musik anda. Pilihan preset yang melimpah juga akan memudahkan anda dalam menggunakan piano ini karena dengan adanya preset tersebut maka anda tidak perlu lagi membuatnya secara manual. Namun ketika anda merasa preset tersebut kurang cocok, anda tetap dapat melakukan pengubahan dengan sangat mudah. Virtual Grand Piano 3 ini sangat cocok untuk anda yang ingin mendapatkan suara piano dengan karakter klasik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel