Solusi Lengkap Download, Dapatkan Informasi dan Artikel Menarik

Review Software Pembuat Musik FL Studio 20 dari Image-Line


Fruity Loops Studio atau biasa disebut FL Studio adalah DAW keluaran Image-Line yang sangat popular dan bayak digunakan dalam pembuatan musik khususnya jenis musik elektronik. Saat ini FL Studio telah merilis versi DAW terbarunya yaitu FL Studio 20Producer Edition yang mendapatkan pembaruan dari versi sebelumnya. Versi ini sangat meloncat dari sebelumnya dimana pada versi sebelumnya FL Studio menggunakan seri 12, namun saat ini langsung menggunakan angka 20. Hal itu karena pada saat versi tersebut dikeluarkan, Image-Line baru saja merayakan ulang tahunnya ke 20 sehingga angka tersebut yang digunakan untuk menamai produk terbaru mereka FL Studio 20.

Ketika anda membutuhkan sebuah DAW atau sequencer yang akan digunakan untuk menunjang live performance anda dalam bermusik. FL Studio adalah sebuah pilihan yang sangat bagus untuk dipertimbangkan. FL Studio menjadi DAW yang kompatibel untuk musik berjeni elektronik atau EDM sehingga banyak produser musik yang memilih menggunakan DAW ini. Fitur beat yang sangat beragam dan termasuk ke dalam paket FL Studio menjadi alasan mengapa software ini sangat cocok untuk jenis musik EDM. Namun jika anda ingin membuat jenis musik lain seperti pop atau rock pun DAW ini juga dapat memenuhi kebutuhan anda karena menyediakan berbagai plugin dan efek yang cocok juga untuk jenis musik tersebut.

Tampilan

Dari segi tampilan desain, mungkin versi 20 ini tidak terlalu banyak berubah seperti versi sebelumnya FL Studio 12. Dengan menggunakan tema yang retro dengan warna latar belakang yang gelap ini memang cukup menarik untuk software di era modern seperti ini. Tanpa menggunakan timeline tunggal, FL Studio membagi timeline secara kreatif sedangkan untuk mixing memiliki jendela tersendiri yang terpisah. Hal ini tentu akan membantu anda dalam meminimalkan penampilan dalam FL Studio sehingga anda dapat fokus bekerja. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan kita untuk melakukan multitasking dalam satu jendela layar sehingga pekerjaan akan lebih efektif dan efisien tentunya. Hal ini tidak ditemui pada software DAW lain yang pada umumnya di halaman utama langsung menampilkan channel mixing.

Fitur

Fungsi utama dari DAW FL Studio ini adalah untuk kepentingan komposisi musik, mixing dan mastering dalam satu software. Semua DAW pada dasarnya memang memiliki fungsi tersebut, namun produsen FL Studio 20 ini membuatnya dengan melakukan beberapa perubahan dan tambahan yang dapat memberikan kreativitas yang lebih baik bagi penggunanya. Anda bisa mendapatkan fitur seperti rantai efek, pengiriman audio, sidechain control, otomatisasi dan fitur plugin yang sangat melimpah. 

Versi 20 ini memang sebenarnya tidak terdapat banyak jenis suara dan efek baru meskipun sudah dilengkapi dengan lebih dari 80 jenis intrumen dan plugin efek yang berbeda. Efek yang disediakan pun sudah cukup untuk skala produksi musik dari berbagai genre karena anda bisa mendapatkan efek distorsi dan compressor hingga efek delay dengan jenis yang sangat banyak. Dari segi plug-in dan sampel suara, FL Studio memang unggul dari jenis software DAW lain, terutama plugin untuk pembuatan musik elektronik yang memang sangat melimpah.

Performa

FL Studio 20 ini telah mendukung versi Mac 64 bit yang digunakan pada OS X atau Mac OS sehingga pengguna produk Apple tidak perlu khawatir. Versi 20 ini berjalan dengan sangat lancar pada PC dan Mac terutama jika didukung spesifikasi yang mencukupi.

Tata Letak / Layout

Pada bagian tampilan tata letak dalam FL Studio ini terbagi menjadi beberapa bagian. Pertama yaitu browser yang merupakan salah satu yang tidak pernah absen dari FL Studio dimana dari fitur ini kita dapat dengan mudah melakukan manajemen file. Channel rack menjadi area sequencer pada FL Studio dimana pada bagian ini semua trek akan digabung sebelum menjadi sebuah lagu. Bagian mixer juga menjadi sorotan lain dimana mixer ini dapat anda sesuaikan ukurannya dan jumlah kontrol yang ingin ditampilkan. Kemudian bagian editor piano roll yang menjadi nyawa FL Studio karena dengan fitur ini anda dapat melakukan pembuatan nada serta membuka file MIDI untuk menjadi suatu trek musik dari plugin tertentu.

Konklusi

Meskipun versi FL Studio 20 ini menjadi versi pembaruan terbaru dari sebelumnya FL Studio 12 namun sangat disayangkan pada versi terbaru ini tidak terlalu banyak dilakukan pembaruan baik dari kinerja maupun fitur yang ditawarkan. Namun FL Studio 20 ini tetap sangat layak untuk digunakan karena pada dasarnya versi FL Studio 12 pun memang sudah sangat baik. Jika anda seseorang yang menginginkan pembuatan musik terutama musik elektronik dengan sangat mudah ataupun anda menginginkan suatu software untuk sequencer pada saat berada di panggung, FL Studio 20 ini menjadi pilihan yang sangat tepat.
-->