Review Simulator Gitar Akustik Renegade Acoustic Guitar dari Indiginus


Renegade Acoustic Guitar adalah suatu simulator gitar yang disampel dengan sangat baik sehingga menghasilkan kualitas suara yang natural. Gitar yang digunakan untuk sampling dalam simulator ini adalah gitar Martin D-18 Flat Top yang merupakan gitar ikonik dan telah menjadi gitar yang digunakan dalam berbagai panggung besar serta studio sejak tahun 1930-an. Bagi pecinta akustik, gitar ini memang sangat menarik karena karakter soundnya yang berkayu dengan suara yang bright dan memiliki sustain panjang. Bahkan secara spesifik, indiginus juga melengkapi file respon impuls yang merekam resonansi fisik dari gitar D-18 ini untuk mendapatkan tingkat keaslian suara yang sangat natural.


Gitar Renegade ini hadir dalam konfigurasi stereo yang akan memberikan anda kebebasan dalam mengeksplorasi sound yang dihasilkan dan sangat cocok untuk berbagai jenis musik seperti pop, rock ataupun folk. Gitar ini juga mampu menghasilkan nada yang sangat baik untuk gitar solo meskipun dari segi frekuensi rendahnya sedikit kurang maksimal, namun secara keseluruhan gitar ini memang sangat mirip seperti dengan gitar akustik nyata.

Dalam Renegade Acoustic Guitar terdapat sebuah library berisi sampel yang tentunya sangat lengkap, hampir semua teknik permainan gitar terdapat dalam library ini bahkan lebih spesifik untuk setiap senar dan setiap fret. Melalui kombinasi dari artikulasi serta sampel anda akan memperoleh artikulasi, vibrato, harmonisasi, arpeggiator bahkan mode dua belas string yang sangat baik layaknya gitar akustik pada umumnya.

Dari segi User Interface atau tampilan antarmuka juga Renegade ini memberikan tampilan yang sederhana dan sangat mudah dipahami bahkan untuk pengguna baru sekalipun. Sehingga ketika anda baru mengenal tentang simulator gitar akustik, dengan Renegade Acoustic Gitar ini anda tidak akan menyesuaikan diri terlalu lama karena memang cukup mudah untuk menemukan style gitar akustik dengan variasi permainan yang beragam.

Artikulasi

Renegade Acoustic Guitar memberikan beberapa artikulasi atau teknik permainan yang dapat anda pilih dan sesuaikan untuk jenis musik anda. Sama seperti sebagian besar simulator gitar yang ada saat ini, keberadaan artikulasi ini memang sangat penting untuk segi keaslian sound yang dihasilkan. Artikulasi ini dapat dikombinasikan dengan pemilihan nada atau not serta kecepatan tempo sehingga menghasilkan suara yang anda inginkan. Beberapa artikulasi yang ada dalam Renegade Acoustic Guitar diantaranya adalah Hammer-On, Pull-Off, Trill Up, Trill Down, Mute, Slide Up, Slide Down, Bend, Bend up/down, dan Harmony. Teknik teknik tersebut merupakan teknik standar yang memang biasa dimainkan pada gitar akustik asli. Setiap teknik artikulasi dapat anda kombinasikan dengan teknik lain sehingga menghasilkan variasi yang natural.

Chord

Pemilihan chord untuk dimainkan pada gitar ini sepenuhnya adalah kebebasan pengguna sehingga akan mengikuti daftar chord yang dibuat oleh pengguna. Anda cukup memilih nada dasar pada suatu lagu dan instrumen akan menentukan chord yang sesuai. Ketika anda rasa nada yang anda tetapkan kurang sesuai, maka anda dapat menaikkan atau menurunkan nada dengan mudah melalui Keyswitches sehingga secara otomatis semua chord yang ada juga akan bergeser. Dalam strumming, fitur Dynamic String Count memungkinkan anda untuk menentukan berapa banyak senar yang akan dimainkan dalam suatu chord berdasarkan pada kecepatannya. Hal ini akan membuat permainan menjadi lebih natural seperti layaknya gitaris yang memainkan gitarnya.

Efek

Pada Renegade Acoustic Guitar ini sayangnya memiliki efek yang sedikit terbatas untuk sebuah gitar akustik. Hanya terdapat EQ, Compressor dan Reverb dalam efek yang tersedia dari paket gitar ini dan tidak dilengkapi dengan efek delay serta modulasi seperti chorus. Kabar baiknya, anda dapat mengontrol jumlah noise pick, noise fret, sample release dan resonansi bodi yang akan menghasilkan nada lebih luas dan tentunya lebih natural. Masalah efek ini sebenarnya dapat diatasi dengan menggunakan VST efek tambahan pada software DAW sehingga dari Renegade ini anda hanya murni mengambil sample suaranya saja tanpa perbaikan kualitas suaranya.

Konklusi

Renegade Acoustic Guitar ini merupakan simulator gitar dengan library yang sangat lengkap. Jika anda seorang pemain gitar dengan skill tinggi, maka mungkin anda akan merasa aneh jika melakukan skill itu hanya dengan simulator, namun bagi anda yang tidak memiliki skill bermain gitar maka Renegade Acoustic Guitar ini adalah solusinya karena tanpa bisa bermain gitar pun anda bisa mendapatkan trek gitar dengan teknik tinggi. Namun pada umumnya simulator gitar ini hanya digunakan untuk membuat trek gitar ritme untuk suatu layer pada musik, sedangkan untuk fill atau isiannya tidak menggunakan simulator karena bagaimanapun juga simulator hanya berupa software digital yang tidak bisa secara alami memberikan sound seperti gitar asli. Renegade Acoustic Guitar ini cocok untuk yang ingin membuat trek layer gitar akustik dengan mudah tanpa harus melakukan rekaman yang membutuhkan biaya besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel