Solusi Lengkap Download, Dapatkan Informasi dan Artikel Menarik

Review Guitar Rig 5 dari Native Instrument Softwarenya Para Gitaris


Guitar Rig merupakan solusi dari gitaris yang tidak memiliki amp model, kabinet, efek gitar bahkan studio internal untuk gitar anda, Native Instrument menawarkan semua hal tersebut dalam satu paket software yang bernama Guitar Rig. Software ini memungkinkan anda bermain gitar tanpa menggunakan segala kebutuhan bermain gitar seperti ampli dan lain lain bahkan anda juga bisa merekamnya dengan mudah dengan software ini. Selain dapat berdiri sendiri (stand alone), Guitar Rig juga dapat digunakan sebagai plug-in atau VST dalam suatu DAW sehingga sangat mudah digunakan untuk memproses sound gitar saat rekaman.

Guitar Rig 5 ini setara dengan berbagai software simulasi ampli gitar lain seperti Amplitube dan TH3 yang juga bermain dalam simulasi guitar amp. Guitar Rig 5 menawarkan sangat banyak jenis head amp, cabinet, serta efek seperti modulasi dan delay yang dapat anda atur secara individual seperti anda menyusun efek pedal analog pada umumnya. Dalam software ini juga dilengkapi fitur preset dimana anda juga sudah dibekali banyak preset yang dapat anda pilih sesuai jenis suara yang anda inginkan. Selain itu, anda juga dapat membuat sendiri preset ataupun mengkostumisasi preset yang sudah ada dengan sangat mudah tentunya karena semua pengaturan efek dan ampli bisa diatur secara individual.

Antarmuka

Dari segi tampilan, Guitar Rig 5 ini sangat mudah digunakan dan akan memudahkan anda dalam menyusun settingan ampli dan efek. Pada bagian browser menawarkan berbagai kategori yang bisa membantu anda menyesuaikan jenis part dengan suara yang anda inginkan berdasarkan genrenya. Anda bisa menemukan juga preset gitar dari lagu maupun artis terkenal.

Pada bagian komponen kita dapat menemukan semua bagian rig gitar yang dikelompokkan sebagai amplifier, cabinet, delay & echo, serta banyak jenis lain dimana dalam masing-masing kategori tersebut memuat berbagai jenis komponen gitar seperti FX dan alat lain. Adanya pengelompokkan seperti ini akan memudahkan anda dalam memilih FX yang akan digunakan.

Bagian sebelah kanan terdapat rak yang memuat dan menampilkan semua elemen seperti efek, amp, dan cabinet yang anda pilih. Di bagian ini kita dapat mengatur semua jenis FX tersebut secara individual dan tentunya secara detail. Bahkan kita juga akan menemukan fitur tambahan seperti tuner, metronom dan fitur looping untuk perekaman baik untuk pre-FX maupun post-FX. Guitar Rig 5 juga menyediakan Noise Gate internal sebelum sinyal masuk ke dalam efek sehingga anda bisa menggunakannya tanpa harus menambahkan pedal noise gate.

Jenis FX

Secara keseluruhan, Guitar Rig 5 ini membawa 17 model amp, 27 jenis kabinet dan 54 macam efek. Jumlah yang sangat melimpah untuk ukuran software seperti ini, hal semacam ini bisa anda temukan dengan membeli efek digital yang tentunya memiliki harga sangat mahal dan anda masih membutuhkan ampli untuk memainkan gitar. Namun dengan Guitar Rig 5 ini semua itu bisa anda dapatkan tanpa harus membeli lagi tambahan lain. Komponen sebanyak itu dapat anda kombinasikan untuk menemukan sound yang berkarakter, namun jika anda tidak ingin bersusah-susah melakukan eksperimen, anda dapat menggunakan preset yang sudah ada.

Kekurangan Guitar Rig 5

Akan sangat sulit menemukan kekurangan dari Guitar Rig 5 ini karena software ini merupakan solusi paling baik untuk para gitaris yang menyediakan semua kebutuhan sound untuk gitaris. Bahkan Guitar Rig ini memberikan banyak opsi dan fitur yang tidak dimiliki oleh pesaingnya yang membuatnya memiliki nilai tambah tersendiri. Sedikit saya soroti untuk kelemahan pada Guitar Rig 5 ini yaitu beberapa jenis efek yang disediakan oleh Guitar Rig 5 kurang memuaskan. Namun kembali lagi karena ini hanyalah simulasi efek digital yang dimesini oleh suatu prosesor PC maka kita tidak bisa mengharapkan suara dari simulasi efek digital ini akan sebaik dari efek analog.

Konklusi

Jika anda seorang pemain gitar dan telah memiliki studio yang menggunakan jenis amp, FX, serta cabinet yang berkelas mungkin software ini bisa anda abaikan. Namun jika anda tidak memiliki itu semua, Guitar Rig 5 menjadi solusi paling baik untuk anda gunakan. Pada Guitar Rig 5 ini dalam satu paket anda bisa memiliki dan merasakan untuk menggunakan berbagai jenis high class amp, FX, serta audio system dengan sangat banyak pilihannya. Selain itu, anda juga bisa gunakan software ini untuk tools dalam rekaman sehingga anda tidak perlu lagi melakukan perekaman manual dengan menggunakan microphone untuk merekam sebuah ampli kabinet, dengan software ini semua sudah disimulasikan dengan baik. Guitar Rig 5 juga dibekali dengan preset bawaan yang sangat banyak macamnya dan dapat anda pilih berdasarkan genre yang akan anda mainkan, hal ini akan sangat membantu untuk anda yang tidak suka mencari atau membuat settingan baru.
-->