Review Gitar Elektrik Virtual Ample Metal Eclipse II (AME II)


Ample Metal Eclipse II (AME II) adalah instrumen virtual keluaran dari Ample Sound yang merupakan simulator gitar elektrik terkhusus untuk musik metal. Seperti namanya gitar virtual ini merupakan jenis gitar yang biasa digunakan untuk musik metal. Sound yang dihasilkan gitar ini bahkan dari sound demonya saja memang terdengar sangat nyata. AME II menghadirkan plugin gitar elektrik yang sudah dilengkapi dengan sound systemnya seperti amp dan efek dimana hal ini sangat penting karena anda tidak lagi membutuhkan plugin efek dan amp untuk mendapatkan sound dari gitar ini. Dalam paket gitar virtual ini sudah tersedia amp yang dapat anda pilih dan atur untuk mendapatkan karakter suara gitar metal dengan efek distorsi yang juga bisa anda pilih sesuai selera.

Teknik Strumming

Ketika kita membicarakan sebuah gitar virtual yang pertama kali terpikira adalah bagaimana cara membunyikan gitar itu. Kalau dalam gitar asli kita dapat membunyikannya dengan teknik petikan atau biasa disebut strumming dengan sangat mudah, namun dalam gitar simulator ternyata membutuhkan pengaturan yang lebih kompleks untuk mendapatkan pola strumming yang realistis dan tidak terkesan bahwa itu adalah gitar virtual. Dalam AME II ini teknik strumming yang ditawarkan sangatlah baik dan realistis untuk dibandingkan dengan software virtual gitar sejenisnya. Khususnya untuk musik metal, pola strumming memang biasanya memiliki attack yang kuat sehingga AME II memang didesain untuk itu. Selain itu, anda juga bisa menambahkan efek seperti stroke noise untuk membuat suara menjadi layaknya gitar asli yang memiliki nosie ketika kita menyapukan pick ke senar gitar.

Artikulasi

Jangan khawatir ketika anda ingin memainkan teknik artikulasi tertentu seperti pada gitar sungguhan dalam virtual gitar ini. Pada AME II ini memiliki beberapa jenis artikulasi nada yang dapat dimainkan seperti sustainm palm mute, harmonic, dll. Penggunaan dan pengaturannya dapat disesuaikan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan. Hal ini membuat bermain gitar hanya dengan menuliskan notesnya saja pada keyboard menjadi lebih mudah dan terkesan realistis.

Mode Solo

Tak hanya mampu digunakan sebagai pengiring atau ritme, AME II yang terkesan metal juga dapat dijadikan sebagai Fill Guitar untuk melakukan solo gitar. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa untuk mendapatkan sound solo gitar menggunakan sebuah plugin instrumen gitar virtual adalah hal yang mustahil. Namun pendapat itu tidak sepenuhnya benar karena AME II ini mampu meramu solo gitar dengan sangat baik dan natural dengan memperhatikan banyak detail suara seperti sustain, hammer on, pull off, dan berbagai teknik lain sehingga membuat solo gitar terdengar sangat nyata seperti ketika anda memainkan gitar dengan tangan anda. Semua pengaturan itu terdapat dalam AME II dan dapat anda gunakan dengan mudah tentunya dengan mengkombinasikannya dengan nada.

Efek

AME II memiliki rantai efek tersendiri sehingga anda tidak perlu menggunakan plugin tambahan untuk menggunakan efek pada sound gitar. Anda dapat memilih beberapa jenis efek bawaan untuk digunakan dalam rantai seperti efek compressor, overdrive, distorsi, EQ, modulasi, delay dan reverb. Namun efek yang diberikan oleh AME II ini tidak cukup baik sehingga anda juga dapat mengabaikannya dan menggunakan efek plugin lain.

Kelemahan

Secara keseluruhan AME II ini memang sudah cukup baik dan susah untuk mencari titik lemahnya dimana. Namun karena ini hanyalah software instrumen virtual, pasti memiliki kekurangan daripada instrumen aslinya. AME II ini memang instrumen yang didesain khusus untuk jenis musik keras yaitu metal sehingga ketika kita membutuhkan suara yang lebih halus dan clean dari AME II ini kurang mendukung untuk hal itu. Mungkin hal ini bisa diatasi dengan menggunakan varian lain dari Ample Guitar karena memang terdapat beberapa jenis gitar dari keluaran Ample Sound ini.

Konklusi

Ample Metal Eclipse II ini menjadi instrumen gitar virtual untuk genre musik metal yang sangat cocok untuk anda yang menginginkan sound gitar instan yang dengan mudah bisa anda dapatkan dari software ini. Namun untuk hasil yang maksimal seperti untuk keperluan solo gitar, AME II ini kurang cocok untuk itu karena AME II ini sebaiknya digunakan sebagai gitar layer saja sehingga suaranya tidak dominan. Hal itu karena sound yang dihasilkan dari AME II ini meskipun memang sudah sangat realistis namun tetap saja bahwa pada dasarnya software instrumen virtual tetap tidak akan bisa menandingin suara dari instrumen asli. Sehingga untuk keperluan solo gitar sebaiknya menggunakan instrumen gitar asli. AME II ini memiliki banyak fitur menarik yang memang didesain untuk jenis musik metal dan musik keras sehingga jika anda menginginkan gitar ini untuk memainkan musik pop maka gitar ini tidak akan cocok untuk itu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel