Solusi Lengkap Download, Dapatkan Informasi dan Artikel Menarik

Review Gitar Akustik 12 Senar Ample Guitar Twelve II


Ample Sound memang selalu menghadirkan VST instrument berkualitas dan terbukti dari beberapa jenis instrumen yang dikeluarkan oleh ample seperti jenis gitar lain maupun bass semuanya memiliki kualitas yang luar biasa. Satu lagi ample mengeluarkan jenis instrumen gitar dengan 12 senar yang bernama Ample Guitar Twelve II. Instrumen virtual ini berbasis dari gitar Taylor 956 CE yang memiliki 12 senar itulah mengapa software ini dinamai twelve. Pada dasarnya gitar akustik ada 2 jenis yaitu gitar dengan 6 senar dan gitar dengan 12 senar dimana setiap 2 senar mewakili 1 jenis senar pada gitar standar. Gitar dengan 12 senar ini memberikan nada yang lebih kaya serta memiliki resonansi yang jauh lebih baik daripada akustik dengan 6 senar.

Ample Guitar Twelve II mengambil sampel suara dari gitar Taylor 956 CE sehingga membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 6 GB untuk memuat itu semua. Dalam sampelnya, Ample Guitar Twelve II ini juga menyajikan pola permainan yang berbeda mulai dari petikan atau picking dengan jari maupun pick hingga strumming gitar dimana masing-masing dapat anda atur dan kendalikan seperti ketika anda memainkan gitar sungguhan. Hasilnya adalah suara yang begitu realistis dan natural dengan dukungan berbagai macam teknik tersebut yang tentunya akan sangat menarik. Anda juga memiliki kontrol penuh terhadap instrumen layaknya gitar asli seperti untuk melakukan tuning pada instrumen juga bisa anda lakukan. 

Pada tampilan antarmuka Ample Guitar Twelve II ini terdiri dari bagian utama terdapat menu Main, Strummer, Riffer, Tab, FX, Edit, dan Settings. Tiga pertama adalah jenis utilitas yang dapat anda pilih untuk mengatur cara memainkan instrumen gitar yang anda inginkan. Bagian ini dapat mengontrol instrumen secara langsung dan dapat pula digunakan untuk membuat informasi MIDI yang nantinya bisa digunakan dan diekspor ke software DAW untuk kepentingan pembuatan musik. Selanjutnya halaman FX memberikan akses terhadap 8 jenis efek pedal berbeda yang dapat anda pilih dan anda atur sesuka anda. Edit memungkinkan anda untuk mengubah setelan dan suara sampel pada gitar tersebut, hal ini bermanfaat untuk mengeksplorasi sound yang anda inginkan. Kemudian pada menu settings berfungsi dalam manajemen preset, pengaturan tuning dan pengaturan polyphony.

Menu strummer adalah sebuah sequencer untuk tipe chord dan urutan waktunya. Anda dapat menggunakan set sampel petikan dan menghasilkan suara petikan gitar yang sangat realistis pada menu ini. Anda dapat memilih hingga setidaknya 24 jenis akor berbeda dan dapat dikombinasikan dengan 14 jenis artikulasi yang berbeda. Hal itu tentunya akan mendukung anda untuk mendapatkan teknik permainan gitar yang sangat beragam meskipun hanya dengan menggunakan instrumen virtual saja. Tersedia juga 8 jenis pola atau pattern untuk anda pilih dimana dapat anda kontrol secara eksternal baik menggunakan MIDI controller maupun dengan otomatisasi.

Riffer memberikan jenis permainan yang berbeda dimana ini memungkinkan anda menentukan frasa untuk tiap senar. Ada banyak fitur yang disediakan seperti generator riff acak yang dapat menghasilkan nada tersendiri jika anda tidak ingin membuatnya secara manual karena Ample Guitar Twelve II ini akan melakukannya untuk anda tentunya dengan batasan tersendiri. Anda juga dapat menentukan kepadatan, kunci, skala atau nada dasar, gaya serta batas kecepatan dengan sangat mudah pada menu ini. Riff yang dihasilkan nantinya juga dapat disimpan sebagai file MDI dan dapat digunakan pada software DAW. Ataupun sebaliknya anda dapat membuka file MIDI untuk digunakan pada Ample Guitar Twelve II.

Selanjutnya menu TAB merupakan halaman yang berisi notasi dan sangat fleksibel untuk dilakukan kustomisasi. Tab player mendukung teknik fingering, looping, chord, artikulasi dan tablature yang dimuat. Artikulasi yang didukung oleh Ample Guitar Twelve II ini yaitu strum, natural harmonic, artificial harmonic, hammer on, pll off, trill, bend, tremolo bar, legato slide, slide in, slide out, vibrato, tremolo picking, palm mute, popping, tapping, let ring, staccato, dead note, grace note, ghost note, accentuated note, fade in, dll. Anda tidak perlu khawatir karena hampir semua jenis artikulasi permainan gitar akustik tersedia disini.

Ample Sound memang selalu memiliki keunggulan dalam hal keaslian sound atau tingkat naturalnya seperti produk dari Ample sebelumnya yang memang memiliki sound yang sangat realistis. Begitupula pada Ample Guitar Twelve II ini memiliki tingkat suara yang sangat realistis meskipun hanya berupa instrumen virtual saja. Hal ini dikarenakan teknik sampling dari Ample yang memungkinkan untuk memasukkan komponen komponen pendukung untuk meningkatkan tingkat kenyataan dari suara gitar itu sendiri. Selain itu didukung dengan adanya efek yang melimpah membuat Ample Guitar Twelve II ini menjadi pilihan yang tepat jika anda menginginkan gitar akustik 12 string dalam bentuk simulator.
-->