Solusi Lengkap Download, Dapatkan Informasi dan Artikel Menarik

Review Fab Filter Pro-Q 3 Equalizer Digital Revolusioner


Fab FilterPro-Q 3 telah menjadi equalizer parametik yang superior dalam kalangan industri musik khususnya untuk bagian produksi musik. Dari awal kedatangannya, Fab Fliter Pro-Q 3 ini memang sangat meyakinkan dengan menawarkan berbagai fitur menarik yang berbeda dari EQ lainnya. Pada dasarnya Fab Filter Pro-Q 3 merupakan equalizer digital yang digunakan dalam DAW untuk proses mixing dalam pembuatan musik, selain itu EQ ini juga dapat digunakan untuk mengatur frekuensi dari suatu instrumen.

Dalam kehadirannya, Fab Filter Pro-Q 3 ini memberikan banyak perubahan dan opsi yang menarik dari versi sebelumnya. Termasuk didalamnya yaitu fitur equalizer dinamis yang akan memudahkan pengguna dalam mengatur frekuensi dan melakukan boosting ataupun pengurangan pada frekuensi yang diinginkan. Dengan adanya EQ dinamis ini akan sangat membantu dalam menemukan suara yang lebih sempurna. Fitur ini juga menjadi salah satu andalan dari Fab Filter Pro-Q 3 ini karena fitur ini tidak ditemukan pada EQ yang lain.

Ada beberapa hal baru dalam Fab Filter Pro-Q 3 ini dimana hal itu mengalami peningkatan dari versi sebelumnya maupun dari EQ lain. Diantaranya yaitu penambahan filter dinamis, opsi filter yang terbaru, per-filter mid/side processing, serta spectral references & collision detection. Dengan fitur-fitur baru ini, kita dapat lebih mengoptimalkan penggunaan EQ untuk menaikkan kualitas musik yang sedang di mixing.
 

Dynamic Equalization

Fab Filter menggunakan tampilan antarmuka yang sangat mudah digunakan serta sangat ergonomis. Hal itu didukung dengan fitur dynamic equalization yang memungkinkan pengguna secara bebas dalam mengatur equalization pada musiknya dengan sangat mudah. Dynamic Equalization pada Pro-Q 3 juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan pengaturan attack, time, dan release dalam suatu dinamika musik sehingga anda tidak perlu repot lagi untuk menggunakan kompresor tambahan. Pengguna akan lebih dimudahkan dengan adanya fitur dynamic equalization pada Fab Filter Pro-Q 3.

Pemrosesan mono dan stereo

Fab  Filter Pro-Q 3 dapat diaplikasikan dalam komponen baik  secara mono ataupun stereo. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk melakukan boosting pada frekuensi tertentu ke arah yang anda mau, misalnya anda akan melakukan boosting ke arah samping saja dalam mode stereo hal itu dapat dilakukan dengan Pro-Q 3 ini. Fitur ini memungkinkan kita untuk membuat musik dengan range yang lebih luas atau 3D yang baik sehingga tidak terpusat ke tengah saja yang akan membuat adanya frekuensi suara yang bertabrakan dan menyebabkan musik menjadi kurang nyaman didengarkan.

Brickwall Filter

Pro-Q 3 menambahkan opsi filter baru yaitu bernama Brickwall dimana filter ini dapat diterapkan untuk anda yang ingin mendapatkan filter dengan tipe low-cut, low-pass, low-shelf, high-cut, hig-pass ataupun high-shelf. Filter ini identik dengan pass 96 dB atau oktaf yang telah ada pada versi Pro-Q 2, perbedaannya pada Pro-Q 3 ini filter Brickwall melakukannya dalam nilai 1/3 oktaf.

Gain / Q Interaction

Fab Filter Pro-Q 3 menambahkan opsi untuk pengaturan gain dan bandwith (Q). Ini merupakan fitur yang banyak dipunyai oleh equalizer analog klasik, namun telah diadopsi oleh Pro-Q 3 menjadi versi digitalnya. Fitur ini membantu pengaturan EQ yang lebih cepat dengan adanya fitur gain.

Referensi Spektrum

Adanya referensi spektrum menjadi salah satu hal terbaik yang dimiliki oleh Pro-Q 3 dimana hal ini tidak dimiliki oleh EQ lainnya. Fab Filter Pro-Q 3 memiliki kemampuan untuk membandingkan spektrum dari beberapa trek. Artinya yaitu bahwa Pro-Q 3 mampu membedakan spektrum frekuensi dari berbagai jenis instrumen sehingga setiap instrumen akan memiliki referensi tersendiri untuk dibedakan, dengan hal ini maka anda akan semakin mudah dalam melakukan kustomisasi atau pengaturan EQ untuk trek instrumen yang anda miliki.

Collision Detection

Pro-Q 3 mampu mendeteksi adanya tabrakan frekuensi dalam suatu trek lagu dan menampilkannya sebagai spektrum yang berwarna merah. Fitur ini juga sangat penting karena ketika suatu lagu terdapat frekuensi yang bertabrakan, maka lagu tersebut akan menjadi kurang nyaman didengar oleh telinga. Dengan adanya fitur collision detection & resolution pada Fab Filter Pro-Q 3 ini kita akan mengetahui ketika pada trek yang kita buat terdapat tumbukan antara beberapa frekuensi sehingga kita dapat melakukan perlakuan tertentu untuk mengatasi hal tersebut.

Konklusi

Secara keseluruhan, Fab Filter Pro-Q 3 ini memiliki fitur-fitur baru yang ditambahkan ke dalam fungsi dasarnya yaitu equalizer sehingga akan lebih memudahkan pengguna dalam melakukan proses mixing trek lagu. Selain itu, tampilan antarmuka dari Pro-Q 3 ini juga sangat sederhana dan mudah untuk digunakan terutama dari adanya pengaturan EQ yang dinamis. Saat ini Fab Filter Pro-Q 3 tersedia dalam format VST2, VST3, AU dan AAX yang dapat anda tambahkan ke dalam software DAW yang digunakan dalam produksi musik.
-->