Review EZ Drummer 2 Merekam Drum Tanpa Drum


EZ Drummer merupakan salah satu aplikasi drum virtual yang sangat banyak digunakan oleh para pembuat musik. EZ Drummer menjadi salah satu produk dari Toontrack yang memang telah memiliki nama yang besar dalam dunia digital audio. EZ Drummer ini juga menawarkan sangat banyak fitur dimana beberapa diantaranya memang diangkat dari Superior Drummer 2.0 yang memiliki kualitas sangat baik. Namun, EZ Drummer datang dengan sejumlah fitur yang membuat suara drum yang dihasilkan sangat mirip dengan drum asli. 

Dalam EZ Drummer ini fitur utama yang mereka tawarkan selain dari segi suara yang sangat realistis adalah koleksi library yang sangat banyak sehingga anda tidak perlu lagi membuat pattern drum secara manual karena EZ Drummer telah menyediakannya. Anda dapat dengan mudah memilih pattern mana yang cocok dengan musik yang ingin anda buat. Selain itu EZ Drummer juga melengkapinya dengan grafik yang sangat mumpuni serta keberadaan mixer yang sangat penting untuk kebutuhan sound dan yang terakhir yaitu dengan adanya fitur MIDI yang juga penting.

Library dalam EZ Drummer 2 dibagi antara gaya modern dan gaya vintage atau klasik dimana untuk gaya modern direkam melalui konsol Neve 88R dan TG12345 sementara untuk drum klasik direkam dengan konsol REDD yang sangat langka. Pengambilan suara pada EZ Drummer 2 dilakukan dengan alat berkualitas tinggi dan tentunya studio yang mumpuni sehingga akan menghasilkan sampel suara yang juga sangat berkualitas tinggi.

Kit yang ada pada EZ Drummer 2 ini terdiri dari produk drum standar seperti DW, Gretsch, Yamaha, Ludwig, Tama, Sonor dan Brady yang direkam pada British Grove Studio. Disamping kit drum utama tersebut, terdapat juga jenis perkusi lain seperti shaker, rebana dan bahkan tepukan yang akan menambah kesan realistis pada drum kit utamanya.

EZ Drummer 2 ini menawarkan cara yang sangat mudah untuk menelusuri file MIDI yang terintegrasi. File MIDI tersebut dapat dijadikan sebagai trek drum dengan sampel suara dari EZ Drummer 2 ini. Anda dapat dengan mudah memasukkan loop MIDI ke dalam trek pada aplikasi DAW anda untuk pembuatan musik. Selain itu, setelah MIDI tergabung dalam trek anda juga masih dapat melakukan editing pada not drum sehingga akan sangat mudah sekali untuk segi kostumisasi. Anda juga dapat menyesuaikan tingkat kerapatan dan kecepatan permainan. Misalnya anda dapat memilih satu atau lebih tom dan menambahkan beberapa gerakan seperti halnya orang bermain drum sehingga akan menambah kesan realistis.

Suara drum yang dihasilkan oleh EZ Drummer 2 ini memang sudah seperti yang diharapkan. Suara drum telah mencakup untuk berbagai genre sehingga ini merupakan software yang sangat cocok untuk anda. Dalam drum kit modern memiliki suara yang terdengar lebih kencang dan fokus tinggi, anda dapat menambahkan efek ruangan sehingga suara menjadi terdengar lebih luas. Demikian juga untuk drum kit vintage yang juga terlihat lebih smooth dalam sound yang dihasilkan. Ketika anda memaksimalkan efek ruangan maka hal ini dapat membantu anda menemukan karakter drum yang sangat realistis.

Pada EZ Drummer 2 juga memiliki fitur mixer dimana fitur ini memang sangat memudahkan bagi para produser karena tidak memerlukan lagi efek tambahan pada DAW untuk me-mixing trek drum ini. Fitur mixer menawarkan kontrol penuh atas suara yang dihasilkan dari drum seperti level dan frekuensi, bahkan anda juga dapat mengaturnya secara individual atau terpisah untuk masing-masing bagian. Efek yang dapat diatur dengan mixer ini yaitu seperti Dynamics, Reverb Time dan Mic Bleed yang memberikan anda kontrol yang sangat luas untuk drum. Namun dalam EZ Drummer 2 ini tidak diberikan fitur efek EQ, sehingga jika anda membutuhkan EQ untuk membentuk karakter suara maka anda perlu menggunakan efek tambahan yang ada pada DAW.

EZ Drummer 2 menyediakan fitur konfigurasi suara dimana dengan fitur ini anda dapat mengatur juga posisi panning suara untuk setiap alat. Fitur panning ini terdapat di dalam mixer sehingga anda akan lebih mudah ketika mengatur suara drum. Dengan adanya panning ini maka dapat membuat suara drum yang dihasilkan menjadi lebih luas atau tidak terfokus ke tengah karena anda dapat menggunakan pengaturan stereo untuk fitur ini.

Dengan begitu banyak fitur dan keunggulan dari drum virtual ini memang terdengar sangat hebat dan menarik. EZ Drummer 2 telah mendefinisikan generasi baru dunia musik digital melalui inovasi drum digital yang sangat mudah untuk digunakan dan memiliki fitur yang sangat melimpah. Selain itu, tak melupakan pada koleksi pattern yang terdapat pada EZ Drummer 2 ini sehingga akan memudahkan anda dalam membuat musik. Demikian artikel review EZ Drummer 2 ini semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel