Review Bass Virtual IK Multimedia Modo Bass


Modo Bass merupakan varian instrumen bass virtual keluaran dari IK Multimedia yang sangat mengesankan. IK Multimedia memang pemain lama yang sudah tidak asing lagi dalam dunia musik digital yang telah mengeluarkan berbagai instrumen virtual serta berbagai kebutuhan plugin atau VST. Seperti layaknya instrumen virtual lainnya Modo Bass ini menjadi solusi dan alternatif bagi pembuat musik yang mengalami kendala dalam hal pemain bass ataupun tidak memiliki bass yang cukup baik. Proses pembuatan Modo Bass ini juga dilakukan dengan teknik sampel yang berkualitas dan menghasilkan karakter suara bass real dan sangat berkarakter meskipun hanya instrumen virtual dalam bentuk digital.

Dari Modo Bass ini kita mendapatkan sejumlah 12 model bass elektrik yang sangat ikonik dengan fitur yang secara penuh dapat disesuaikan dengan mudah. Anda dapat menyesuaikan pengaturan Pick Up, jumlah senar yang digunakan, bahkan jenis senar pun dapat anda pilih apakah menggunakan senar flat atau round wound dimana hal ini tentunya sangat menarik untuk jenis instrumen virtual.
Seperti yang kita tahu bahwa pada umumnya suara bass dihasilkan berdasarkan gaya permainan dan artikulasi dari pemain bass itu sendiri, pada instrumen virtual ini IK Multimedia juga telah memikirkan hal itu. Anda dapat memilih permainan bass seperti apa yang akan digunakan apakah dengan petikan, dimainkan menggunakan pick atau dimainkan dengan teknik slapping. Anda dapat dengan bebas memainkan bass virtual ini seperti layaknya memainkan bass asli dengan menggunakan jari anda, hanya saja pada bass virtual anda menggunakan perintah dengan tombol tertentu untuk menghasilkan suara yang realistis. 

Pada Modo Bass ini anda juga dapat mengontrol harmonik, ghost note, memilih jari yang digunakan untuk menekan senar, mengubah teknik slap dan pull yang semuanya dapat dilakukan otomatisasi pada software DAW. Untuk mengeksplorasi sound secara lebih dalam dan lebih jauh, anda dapat menggunakan dua jenis amplifier yaitu jenis solid state maupun ampli tabung serta didukung dengan 4 slot efek dengan 7 jenis efek berbeda yang akan menunjang kebutuhan sound bass.
IK Multimedia Modo Bass juga memiliki banyak hal yang ditawarkan dimana software ini dapat digunakan dalam platform PC dan MAC yang mendukung audio plugs, VST 2, VST 3 dan format plug-in AAX. Selain dapat digunakan dalam DAW, Modo Bass juga mendukung versi stand alone atau berdiri sendiri tanpa menggunakan software DAW. Namun Modo Bass hanya tersedia untuk versi 64-bit saja.

Pada IK Multimedia Modo Bass ini terdapat 12 jenis model bass yang dapat anda pilih dan mainkan. Diantaranya adalah bass Fender Precision 60’an dan 70’an, dua model Fender Jazz Bass, Gibson EB-0, Thunderbird Bass, Music Man String Ray 5, Rickenbacker 4003, Yamaha TRB5P, Bass Hofner Violin, Ibanez Soundgear dan juga Bass Warwick Streamer. Tentunya ini menjadi pilihan yang sangat menarik karena untuk mendapatkan semua bass diatas pasti membutuhkan biaya yang sangat tinggi, namun dengan Modo Bass anda bisa mendapatkan sound dari merk bass terkenal tersebut.

Pada tampilan antarmuka, bagian tengah layar menampilkan jenis bass yang dipilih dalam bentuk gambar besar dengan spesifikasinya pada bagian samping. Bagian spesifikasi ini menampilkan seperti elektronik dari bass tersebut, pengaturannya, dll. Bagian bawah terdapat papan fret bass yang ditampilkan dengan keyboard untuk pemilihan nadanya. Anda akan sangat mudah mengontrol nada yang dimainkan dengan adanya keyboard pada bagian bawah.

Pada segi pengaturan sound anda dapat membuat karakter sound dari bass yang anda pilih lebih optimal dengan pemilihan jenis amplifier yang digunakan. Selain itu, anda juga dapat melengkapi bass dengan pickup piezo, mengubah jenis sirkuit dari aktif ke pasif, mengatur volume, EQ dan kontrol nada secara internal. Sound asli dari bass akan masuk ke dalam rantai efek yang dapat anda pilih efek yang anda butuhkan serta mengaturnya secara individual dan setelah itu akan masuk ke amplifier dan speaker. Modo Bass juga menampilkan gambar Amp serta efek yang digunakan seperti dalam ruang live studio sehingga anda bisa menginterpretasikannya dengan mudah seperti sistem audio bass pada umumnya.

Konklusi

IK Multimedia Modo Bass merupakan plug-in bass virtual yang sangat berkualitas karena anda dapat memilih semua model bass ikonik dari merk ternama dan melakukan penyesuaian seperti pada bass asli. Tampilan antarmuka yang cukup rinci dan sangat mudah untuk dipahami membuat Modo Bass menjadi pilihan yang menarik. Selain itu, suara yang dihasilkan dari IK Multimedia Modo Bass ini juga sangat realistis bahkan mendekati bass asli meskipun hanya berbentuk virtual saja. Modo Bass ini akan tepat untuk semua jenis musik dari pop hingga metal karena anda hanya perlu menyesuaikan pengaturannya saja. Jika anda menginginkan suara bass yang realistis dengan menggunakan instrumen virtual, Modo Bass adalah pilihan yang tepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel