Solusi Lengkap Download, Dapatkan Informasi dan Artikel Menarik

Review Arturia B3 V Simulator Organ Hammond B3

Arturia B3V merupakan simulasi digital dari organ Hammond B3 yang merupakan organ paling terkenal yang sangat banyak digunakan oleh musisi dan produser musik di dunia. Arturia ini mendesain instrumen dan menggambarkan B3 V dengan sangat baik dan tentunya akan menjadi pengalaman yang otentik untuk memainkannya. Suara organ hammond B3 yang sangat legendaris itu bisa didapatkan hanya dengan sebuah simulator digital bernama B3 V keluaran dari Arturia ini.

Arturia B3 V menawarkan tampilan antarmuka yang sangat menarik dan juga ergonomis dengan resolusi layar yang dapat disesuaikan dengan layar monitor yang anda gunakan. Selain versi stand alone, Arturia B3 V juga menyediakan versi VST yang sangat cocok tentunya untuk dimainkan dalam DAW. Grafik yang sangat menarik dan juga drawbars yang dibuat dengan sangat realistis membuat pengguna akan dimanjakan oleh Arturia B3 V ini. Arturia benar-benar memiliki keseriusan dalam menyediakan software ini yang dibekali dengan berbagai kelebihan.

Pada Arturia B3 V ini anda juga dapat memilih preset untuk memudahkan anda dalam menentukan dan menemukan jenis suara yang sesuai. Preset yang disediakan oleh Arturia B3 V juga memiliki karakter suara yang sangat realistis sama seperti B3 nyata. Bahkan Arturia B3 V bisa melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh instrumen Hammond B3 asli seperti di Arturia B3 V ini anda dapat memilih preset untuk drawbar sehingga akan menyesuaikan secara otomatis sesuai dengan preset yang anda pilih. Hal tersebut hanya akan anda dapatkan pada instrumen digital Arturia B3 V ini. Terdapat pula sejumlah fitur tambahan lain dimana fitur ini tidak didapatkan pada instrumen Hammond asli seperti envelope control dari efek perkusi.

Efek Distorsi

Satu hal lain yang dapat anda temukan pada Arturia B3 V ini adalah suara distorsi yang dapat anda gunakan sepanjang waktu. Tentunya banyak para pemain musik yang menginginkan suara distorsi pada piano mereka karena akan memberikan suara yang lebih tebal dan kuat. Dalam Arturia B3 V distorsi berada dalam tombol Preamp Drive yang berfungsi untuk mengatur Drive suara piano yang dihasilkan.

Tidak ada Pedal pada Arturia B3 V

Arturia B3 V mengimplementasikan pedal secara manual yang dapat dimainkan dari satu keyboard dengan melalui split sound atau menggunakan keyboard terpisah. Ketika anda menggunakannya sebagai instrumen virtual dalam DAW maka anda dapat menetapkan setiap keyboard tersebut ke dalam saluran MIDI terpisah atau anda juga dapat menggabungkan hanya dalam satu saluran MIDI saja melalui pengaturan manualnya. Meskipun tidak ada pedalboard yang ditampilkan dalam grafik, namun pada dasarnya Arturia B3 V telah memiliki fitur pedal secara internal.

Efek Synthesizer

Arturia B3 V telah memberikan kemampuan modulasi yang sangat menarik dan bahkan lebih baik daripada simulator Hammond yang lain. Dalam simulator ini, organ dapat dibuat menjadi synthesizer dengan menambahkan beberapa fitur synth seperti modulasi. Ini merupakan fitur inovasi yang sangat baik dari Arturia B3 V yang membuatnya lebih baik daripada simulator lain. Anda dapat memilih hingga 10 konfigurasi modulasi yang dapat digunakan dalam MIDI dan dapat digunakan ke dalam drawbar mana pun dengan kombinasi LFO, Envelope atau Sequencer. Fitur ini akan sangat berguna terutama untuk pemain musik modern yang membutuhkan nuansa elektronik dalam musiknya. Meskipun hanya fitur kecil, namun hal ini dapat mengubah suara instrumen secara besar.

Efek

Arturia B3 V memberikan sejumlah 5 buah efek bawaan yang dapat digunakan dan tentunya sangat cocok untuk jenis organ ini. Phaser, Delay dan Flanger merupakan efek modulasi yang cukup bagus untuk mempermanis karakter suara dari Arturia B3 V ini. Bahkan jika dibandingkan dengan software simulator lain tidak ada yang menyediakan bonus paket efek-efek ini. Efek lain yaitu Overdrive yang dirasa ini kurang berfungsi dalam paket efek tersebut. Hal itu karena dalam simulator ini sudah dibekali dengan drive dan distorsi yang membuat keberadaan overdrive dalam paket efek menjadi kurang terlalu bermanfaat. Satu efek lagi yaitu Analog Delay dimana efek ini mampu memberikan suara gema yang sangat baik.

Konklusi

Arturia B3 V menjadi simulator dari instrumen Hammond B3 yang paling menonjol daripada simulator lain dengan adanya tambahan fitur unik seperti modulasi dan efek. Karakternya yang sedikit keras membuat Arturia B3 V ini sangat cocok dengan musik Blues dan Rock meskipun kurang cocok untuk musik Jazz. Arturia B3 V tersedia untuk Windows dalam format VST2, VST3, AAX, AU dan stand alone. Arturia B3 V ini sangat cocok untuk anda pemain musik dan produser musik yang ingin menambahkan suara khas dari Hammond B3 organ ke dalam musik anda.
-->