Solusi Lengkap Download, Dapatkan Informasi dan Artikel Menarik

Review Amplitube 4 IK Multimedia Simulator Amp dan Efek Gitar

Amplitubedari IK Multimedia merupakan salah satu software yang memungkinkan pengguna untuk bermain gitar tanpa menggunakan ampli dan efek tambahan. Pada dasarnya Amplitube menjadi sebuah simulator ampli dan efek serta semua sistem yang dibutuhkan untuk sound gitar. Amplitube ini tersedia dalam versi software yaitu stand alone atau dalam versi VST. Di dalam amplitube sudah tersedia berbagai macam efek gitar, amplifier, dan berbagai macam Sound Processing lainnya yang dapat anda gunakan untuk menghasilkan sound gitar seperti yang anda inginkan.

Amplitube 4

Hal terbaik dari Amplitube 4 yaitu fleksibilitas dan keragaman suara yang sangat luas sehingga mencakup semua genre music dari jazz hingga music metal dengan berbagai pilihan amp berbeda. Dibandingkan software simulator lain, amplitube memang yang terbaik dari segi fleksibilitas karena sebagian besar software lain cenderung untuk musik keras saja. Tersedianya berbagai jenis kabinet yang didesain ulang oleh IK Multimedia ini juga membuat sound akhir yang dihasilkan jauh lebih realistis.

Dalam speaker virtual yang disediakan oleh Amplitube 4 ini anda dapat mengubah sendiri jenis speaker dalam kabinet dan anda dapat mengkustomisasi kabinet dengan sangat mudah. Selain itu, posisi mikrofon dalam kabinet juga dapat disesuaikan dengan sangat mudah dan sangat fleksibel. Hal ini sangat mendukung untuk optimalisasi sound karena posisi mikrofon dalam speaker itu sangat mempengaruhi hasil sound akhir. Dalam amplitube 4 ini mereka menggunakan 3 buah mikrofon yang masing-masing diantaranya dapat anda pilih jenisnya. Dari segi kustomisasi untuk mikrofon, Amplitube juga lebih unggul daripada software simulator amp lainnya.

Hal baru lainnya dalam Amplitube 4 ini yaitu fitur browser yang lebih mudah dan sederhana. Amplitube 4 ini menyediakan sangat banyak preset yang tentunya akan memudahkan anda dalam melakukan setting alat dan menemukan suara terbaik untuk gitar anda. Semua preset yang ada pada Amplitube 4 ini juga telah mencakup semua jenis amp yang ada. Kemudahan yang ditawarkan dalam memilih preset yaitu anda dapat memilih preset yang akan digunakan dengan berdasarkan Sound Character atau bahkan anda dapat menggunakan preset artis tertentu. Terdapat sangat banyak preset yang sangat fleksibel untuk semua genre dan kategori yang dapat anda pilih. Setelah anda membuka preset tersebut dalam Amplitube 4, anda juga masih memiliki kontrol penuh terhadap pengaturan yang anda sehingga anda dapat mengkostumisasi dengan gaya anda sendiri preset yang ada.

Berbagai Piliham Jenis Amp Baru

Dalam versi Amplitube 4 ini terdapat lima buah amp baru yang tidak ada pada versi sebelumnya. Amp tersebut didasarkan pada berbagai merk yang ada di pasaran seperti Head JCM 800,  JCM 900, JMP-1, Jubilee dan Major. Masing-masing amp tersebut memiliki karakter khusus dan sangat realistis seperti amp sebenarnya. Hal itu juga didukung dengan sistem kabinet yang sudah di awal dimana Head amp tersebut akan digabungkan dengan kabinet serta mikrofon.

Pilihan distorsi yang sangat melimpah juga akan memanjakan anda para pecinta musik rock karena pada Amplitube 4 ini terdapat berbagai efek distorsi ampli baik distorsi dengan gain rendah hingga distorsi dengan gain tinggi. Amp baru ini memberi pilihan yang sangat luas untuk para gitaris karena selain suara distorsi yang berkualitas, amp ini juga dapat menghasilkan karakter sound clean yang benar-benar bersih seperti aslinya. 

Simulator Akustik

Dalam Amplitube 4 ini anda dapat mengubah gitar elektrik anda memiliki suara gitar akustik bahkan dengan string nilon hanya adengan menggunakan efek simulator akustik pada rak. Hal ini tentu akan sangat memanjakan para gitaris karena anda tidak perlu berganti gitar untuk mendapatkan suara akustik, hanya dengan mengaktifkan efek ini saja. Untuk menambah kesan akustik, efek ini dapat disandingkan dengan beberapa efek lain seperti reverb dan voila. Suara akustik yang dihasilkan pun terdengar seperti gitar akustik-elektrik yang sempurna. Namun tentu saja tidak sepenuhnya akan terdengar seperti akustik nilon. Fitur ini sangat berguna untuk memperkaya sound anda.

Konklusi

Versi terbaru Amplitube 4 menawarkan berbagai fitur baru yang tidak dimiliki versi sebelumnya seperti banyak tersedia amp baru dan jenis efek yang baru. Dengan berbagai model amp baru dan efek baru tersebut akan membuat gitaris memiliki lebih banyak pilihan dalam membuat karakter sound gitar yang mereka inginkan. Namun terdapat fitur menarik yang dihilangkan dari versi sebelumnya yang tentunya sangat disayangkan, seperti halnya fitur untuk memilih kualitas suara Hi, Mid dan Eco yang seharusnya tetap dipertahankan karena fitur ini sangat penting mengingat perangkat lunak ini membutuhkan konsumsi CPU yang cukup besar sehingga untuk komputer dengan spek yang tidak terlalu tinggi dapat menyesuaikannya dengan memilih kualitas suara. Namun secara keseluruhan, software ini sangatlah menarik untuk digunakan.
-->