5 Instrumen Drum Simulator (VST) Terbaik


Instrumen drum simulator atau VST merupakan salah satu inovasi terbaik dalam dunia musik. Dengan menggunakan sebuah simulator digital anda sudah dapat membuat musik dengan menggunakan trek drum. Tentunya tanpa perlu lagi untuk merekam drum asli yang harganya cukup mahal dan membutuhkan peralatan tambahan yang sangat banyak untuk dapat merekam drum. Meskipun hanya berbentuk virtual, namun simulator drum (VST) ini juga memberikan kualitas yang sangat baik bahkan menyerupai drum aslinya karena dalam pembuatannya, instrumen digital ini di sampling menggunakan drum yang sangat berkualitas.


Untuk membuat trek drum dengan simulator juga sangat mudah, anda hanya perlu menggunakan DAW untuk proses pembuatan musik dan memasukkan plugin drum simulator ini. Untuk membuat pola drum yang akan dimainkan bisa dengan menggambarkannya dalam piano roll sehingga sesuai dengan pola yang anda inginkan. Jika anda tidak ingin terlalu susah membuat sendiri pola, kebanyakan VST drum ini juga menyediakan pola dalam bentuk file MIDI yang dapat anda gunakan.

Berikut ini merupakan beberapa instrumen drum simulator (VST) terbaik:

1. Steven Slate Drums

Steven Slate Drum ini seperti drum simulator lain juga menawarkan koleksi yang sangat banyak dengan lebih dari 100 kit dan berfokus pada kemampuan bermain. Produk unggulan mereka yaitu SSD4 Platinum yang merupakan simulator drum kit yang sangat cocok untuk berbagai genre musik seperti Rock, Funk, Country, Metal, Hip-Hop hingga Jazz. Dalam drum ini terdapat fitur Construct yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit kit serta perlengkapan yang ada, selain itu kita juga dapat meningkatkan kualitas sampel drum dengan mengatur secara manual respon dinamisnya

2. Toontrack – Superior Drummer 3

Toontrack juga telah merilis vst instrumen untuk drum yaitu Superior Drummer 3. Drum ini menawarkan koleksi drum yang cukup banyak yaitu mencapai 230 GB untuk koleksi drum dan simbalnya. VST ini menyediakan fitur editor untuk pembuatan pola drum, konversi audio menjadi format MIDI serta fitur impor sampel secara individu dan banyak fitur tambahan lain untuk mencapai tingkat suara drum yang sangat realistis. Setiap kit drum dapat disesuaikan dengan mudah untuk mendapatkan respon yang dinamis.

3. FXpansion BFD3

FXpansion BFD3 adalah salah satu instrumen drum akustik virtual versi menengah keatas yang sangat asli dan anda tidak akan kecewa untuk menggunakan drum simulator ini. Selain ketersediaan pilihan drum kit yang sangat banyak, salah satu aspek lain yang membuat BFD3 ini menonjol adalah penggunaan teknologi permodelan untuk meningkatkan tingkat realistis dari sound yang dihasilkan oleh drum ini dan disediakan pula efek untuk tahap mixing. Drum BFD3 ini memiliki permodelan untuk beberapa detail suara dan respon drum juga sangat halus seperti untuk resonansi tom dan simbal.

Permodelan ini juga telah diterapkan pada beberapa efek dalam mixer BFD3 dimana hal ini telah disinggung di awal bahwa BFD3 memiliki efek untuk tahap mixing. BFD3 juga menawarkan satu paket tambahan yang sangat menarik, yaitu tidak hanya mencakup drum kit tradisional saja namun terdapat pula drum orkestra, drum marching band, drum taiko dan paket perkusi lain untuk menyempurnakan drum utama dan kebutuhan perkusi dalam musik.

4. Kontakt - Abbey Road Drummer

Dalam kontakt abbey road drummer terdapat 6 jenis set drum kit akustik yang dapat anda pilih. Koleksi tersebut termasuk drum dengan tema klasik hingga modern yang tentunya akan sangat cocok untuk musik anda. Semua sample suara drum dalam abbey road drummer direkam pada studio khusus yang sangat berkualitas. Koleksi drum kit dalam simulator drum ini yang dapat anda mainkan seperti drum modern sesuai standar drum pabrikan, drum kit klasik yang sangat cocok untuk musik jazz, dan drum kit 50 hingga 80-an tersedia dalam abbey road drummer.

5. XLN Addictive Drums 2

XLN Addictive Drums 2 hadir dengan menawarkan sebuah instrumen drum yang sangat terjangkau dan mudah digunakan. Dalam drum ini sebagian besar kit bergaya rock namun berbagai fiturnya dapat disesuaikan untuk  genre musik lainnya. XLN Addictive Drums 2 jug menyediakan koleksi pattern drum yang dapat anda gunakan dimana tersedia dalam berbagai gaya musik.

Itulah beberapa pilihan instrumen drum akustik simulator (VST) terbaik versi kami. Penggunaan VST sebagai instrumen memang sangat memudahkan produser musik, namun sebaik-baiknya VST instrumen yang ada tetap memiliki kelemahannya masing-masing. Namun jika anda menginginkan suara drum pada musik anda dengan harga yang sangat terjangkau, VST instrumen adalah solusinya. Demikian artikel tentang 5 Instrumen Drum Simulator (VST) Terbaik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel