Cara Membangun Rumah Dengan Modal 20 Juta

Cara membangun rumah dengan modal 20 juta mungkin hanyalah isapan jempol bagi sebagian orang. Apalagi di masa seperti saat ini dimana harga material bahan bangunan terus merangkak naik dari waktu ke waktu. Namun Tahukah Anda, bahwa Anda akan tetap bisa membangun rumah dengan modal yang sangat minim yakni kurang lebih cukup 20 juta rupiah saja (ya benar dua puluh juta saja, dan ini tidak salah ketik). Silahkan simak pembahasannya berikut ini. 



Cara Membangun Rumah Dengan Modal 20 Juta


Seperti yang kita tahu harga pasaran rumah untuk tipe terendah untuk area perkotaan biasanya kurang lebih sekitar 200 juta rupiah. Dengan dana tersebut anda hanya akan mendapatkan rumah type 21 dengan 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Luas tanahnya pun sangat terbatas biasanya hanya sekitar 50 m2 atau 60 m2. Asumsinya, lebar 6 meter dan panjang 10 m atau bisa juga lebar 5 m dan panjang 10 m. Umumnya rumah tipe ini dibangun dengan dengan konsep couple, yaitu satu dinding untuk dua bangunan rumah yang bersebelahan. Jadi ketika Anda membeli rumah tipe ini, dinding rumah Anda kanan dan kiri adalah juga dinding rumah sebelah anda. Hal ini dapat dimaklumi sebab rumah jenis RSH ini memang dituntut untuk bisa menekan seminimal mungkin pengeluaran untuk material sehingga penekanan biaya berimbas pada minimnya material yang terpasang. Jika anda sudah tahu harga rumah paling murah di kota tentu anda akan mencari informasi cara membangun rumah sendiri agar biayanya murah.

Cara Membangun Rumah Dengan Modal 20 Juta 


Oke kita kembali ke topik pembahasan, Apakah bisa membangun rumah dengan modal 20 juta. Jika saja pertanyaan ini ditanyakan 20 tahun yang lalu tentu banyak orang yang akan menjawab hal itu dapat dilakukan. Namun ketika pertanyaan dilontarkan kepada beberapa orang pada masa sekarang ini apakah anda bisa membangun rumah dengan modal 20 juta, banyak orang yang ragu menjawab karena Rp.20 juta itu adalah angka yang sangat sedikit untuk dalam hal membangun rumah. Bagi sebagian orang yang mampu memang membangun rumah bukan persoalan yang sulit. Sebaiknya bagi yang terbatas kemampuan nya mereka akan mencari cara membangun rumah dengan gaji kecil, dan tentu saja tidak semua orang bisa melakukan nya. Untuk itulah kami membahasnya pada artikel ini.

Siapkan lahan milik anda


Cara membangun rumah dengan biaya murah yang pertama, anda perlu siapkan adalah sebidang tanah yang masih kosong, yang akan Anda gunakan untuk membangun rumah di atasnya. Rumah dengan modal 20 juta bisa anda bangun di atas lahan yang tidak luas. Misal anda punya lahan 5 x 10 m itu cukup untuk membangun rumah tersebut. Mengapa anda harus menyediakan lahan terlebih dahulu.? ya kita harus realistis bahwa tanah adalah salah satu komponen rumah yang paling mahal harganya. Dengan adanya area tanah yang anda miliki maka akan memangkas biaya membangun rumah secara drastis. Jika Anda tinggal di desa, tanah seluas 5 x 10 meter sangat mudah anda dapat. Karena umumnya orang yang tinggal di pedesaan memiliki lahan pekarangan rumah yang lebih luas sehingga lebih leluasa dalam membangun rumah. Untuk Anda yang tinggal di perkotaan dan sudah memiliki tanah kosong, Anda dapat menggunakan tanah tersebut untuk membangun rumah dengan biaya yang seminimal mungkin. 

Ukuran denah rumah 


Cara membangun rumah dengan modal 20 juta, metode ini mengharuskan anda membuat desain denah ukuran rumah terlebih dulu. Untuk ukuran denah rumah seminimal mungkin Anda harus bisa menentukan desain atau memilih desain yang ada, atau bisa juga mengambil contoh-contoh yang sudah ada untuk dapat anda jadikan acuan dalam membuat denah. Hal ini juga penting sebab semakin luas denah yang anda rencanakan maka akan semakin banyak biaya yang harus anda keluarkan. Untuk membuat rumah dengan modal 20 juta maka anda harus membagi rata-rata biaya dibagi luasan rumah. Coba kita asumsikan untuk membangun rumah yang sangat sederhana Anda menghabiskan biaya Rp1.200.000 per m2. Maka dengan modal 20 juta berarti yang bisa anda dapatkan adalah 20 juta dibagi 1,2 juta. Hasilnya kurang lebih sekitar 17 m2. Atau jika anda sedikit meminimalkan anggaran maka bisa kita bulatkan menjadi 18 m. 

Mengapa biayanya bisa murah, ya karena anda harus akan meminimalisir Semua material dan biaya tenaga kerja yang ada di proyek pembuatan rumah tersebut. 18 m2 bisa kita asumsikan dengan 4,5 x 4 m. Rumah akan terbentuk sebagai sebuah kotak. Untuk kamar tidur usahakan Luasnya sekitar 2 x 2,5 m2 saja. Pintu berada di depan langsung berhadapan dengan ruang tamu dan dapur berada di sebelah kamar, kamar mandi juga ada di sebelah kamar.  ( Kamar mandi akan terpisah ).

Rincian material


Apa sajakah material yang bisa anda belanjakan dengan modal 20 juta tsb, berikut adalah perinciannya :

Cara Membangun Rumah Dengan Modal 20 Juta

*) Syarat & ketentuan : Harga menyesuaikan dengan lokasi dan harga terendah setempat.


Efisiensi Tenaga Kerja


1.Anda bisa ikut membantu pengerjaannya 

Agar dapat lebih menghemat anggaran pengeluaran untuk tenaga kerja Anda dapat ikut membantu mengerjakan pekerjaan tukang yang dapat dikerjakan tanpa keahlian. Misalnya mengangkut pasir atau semen, mengangkut material batako atau hebel, mengangkut bahan atap dan lain lain. Karena sebagian sebagian waktu yang dihabiskan oleh tukang dan pembantu tukang dalam mengerjakan rumah adalah memindahkan, mengangkut serta arus lalu lalang material saat-saat pembangunan rumah, dengan Anda membantu pengangkutan tersebut tentu saja akan menambah kecepatan dalam pengerjaannya. Selain itu anda juga jadi tahu cara membangun rumah dari nol. Namun hal ini tentu saja tidak bisa semua orang lakukan, sebab anda pasti memiliki kesibukan pekerjaan sendiri. Ini hanya berlaku bagi anda yang memiliki waktu senggang saja.

2.Sistem Borongan

Tips lain supaya anda bisa mendapatkan Cara membangun rumah dengan modal 20 juta adalah Anda dapat merekrut tukang dan pembantu tukang dengan sistem kerja borongan. Misalkan dengan spek sangat sedehana anda dapat menawari tukang untuk mengerjakan hingga selesai dengan anggaran sekitar 400.000 / m2. jadi untuk bangunan rumah dengan luas 18 m2, biaya yang anda keluarkan sekitar 7 juta rupiah. Apakah ada tukang dan pembantu tukang yang dibayar dengan anggaran sekecil itu, jawaban nya ada. Anda bisa mencari di daerah pedesaan atau pada proyek perumahan sederhana, lakukan tawar menawar. Sistem borongan akan memberikan anda cara membangun rumah dengan cepat.

Pilihlah material dengan harga semurah mungkin 


Bagaimana cara membangun rumah yang hemat, salah satu jawaban nya adalah faktor material bangunan. Anda bisa berkunjung ke toko material dan bertanya kepada pegawai di sana dan menanyakan spek paling murah dari material yang anda butuhkan. Misalkan Anda membutuhkan semen maka Carilah kualitas semen yang paling bawah. Tidak akan menjadi masalah sebab anda hanya menggunakan untuk bangunan sederhana, lain cerita nya jika akan membangunan rumah bertingkat yang membutuhkan kekuatan konstruksi yang lebih. Selain itu bangunan rumah yang ingin anda bangun juga tidak memerlukan jenis material yang berat sehingga bangunan tersebut tidaklah harus menggunakan semen dengan kualitas nomor satu. Material lain seperti batako atau hebel untuk menutup dinding juga bisa anda pilih yang paling rendah kualitasnya. Misalnya untuk hebel Pilihlah yang paling tipis yakni ukuran nya 7 centi meter hal ini cukup untuk menutup area dinding rumah anda jadi tidak ada tidak harus menggunakan yang paling tebal. Begitu pula dengan material lainnya Anda bisa memilih yang kualitasnya paling rendah,. Hal ini harus anda lakukan karena terpaksa Anda harus menekan pengeluaran seminimal mungkin, kualitas tidak menjadi masalah asalkan ini tidak menyangkut hal-hal yang pokok misalkan ini menyangkut keselamatan. Contohnya Anda menggunakan kawat sebagai pengganti besi dalam kolom ini jelas tidak boleh, tapi anda bisa memperkecil ukuran besi seminimal mungkin. Misalkan untuk kolom praktis yang biasanya besi ukuran diamater 8 mm atau 10 mm Anda bisa menggunakan besi ukuran 6 mm. 

Sesuaikan anggaran


Jika anda mau membangun rumah dengan hanya dana 20 juta, bukanlah hal yang kaku anda jalankan anda bisa menerapkan cara membangun rumah secara bertahap. Seiring perubahan waktu tentu saja harga material bangunan dan jasa tukang akan naik. Maka budget ini harus anda sesuaikan juga. Pada prinsipnya untuk membangun rumah dengan biaya sangat hemat anda dapat melakukan strategi pembangunan rumah secara bertahap. Misalnya target awal dengan budget minim adalah bangunan tersebut dapat dihuni. Artinya sudah ada komponen bangunan pokok ; Rangka bangunan (kolom, ring balk dll), dinding, pintu jendela, sanitasi dan atap. Jika komponen tersebut sudah ada maka rumah sudah dapat ditempati sementara. Sambil berjalan anda dapat melengkapi komponen yang belum ada, misalnya keramik lantai, plaster acian, plafon dll. 

Oke sahabat pastipas.com demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Cara Membangun Rumah Dengan Modal 20 Juta. Semoga bisa memberi anda inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membangun Rumah Dengan Modal 20 Juta "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel