Solusi Lengkap Download, Dapatkan Informasi dan Artikel Menarik

Review Biola Virtual Emotional Violin – Best Service


Satu lagi plugin instrument dari Best Service yaitu emotional violin yang merupakan plugin untuk simulator instrument biola digital. Best Service sebelumnya juga telah mengeluarkan plugin lain yaitu Emotive Cello dimana sekarang plugin tersebut telah digantikan oleh keluarnya Emotional Violin. Banyak perbaikan dan kelebihan yang ditawarkan dalam Emotional Violin ini dibandingkan dengan kakaknya yaitu Emotive Cello yang terdengar cukup menarik.


Secara keseluruhan, terdapat lebih dari 50 jenis artikulasi berbeda yang disusun dalam tiga master patch berbeda dan disertakan dalam Library pada instrument Emotional Violin ini. Patch pertama yang paling umum dan paling sering digunakan orang adalah patch Emotional Violin yang memberikan nada romantic dengan kecepatan legato yang disesuaikan secara otomatis. Patch kedua adalah Intimate Violin yang secara otomatis juga dapat menyesuaikan kecepatan legato dan nada secara lebih intim dan dengan dinamika yang lebih halus. Patch terakhir yaitu Emotional Violin Manual Legato Speed dimana pada patch ini, semua hal diatur secara manual. Ketiga master patch tersebut memiliki perbedaan yang cukup banyak.

Terdapat direktori tamahan yang berisi patch dengan artikulasi serupa seperti patch dengan semua not pendek ataupun patch dengan not panjang atau menggunakan sustain. Kedua patch ini menawarkan sesuatu yang special dimana anda dapat menemukan artikulasi khusus yang berbeda dengan kombinasi yang unik.

Pada Emotional Violin Master Patch ini memiliki sebanyak 25 jenis artikulasi berbeda dari tingkat permainannya. Dalam patch ini, 25 artikulasi tersebut sebenarnya telah mencakup semua yang anda perlukan untuk membuat musik dengan permainan biola bahkan untuk tingkat permainan yang rumit sekalipun. Anda perlu untuk menyesuaikan dengan musik yang anda buat, namun hal ini tidak akan menjadi masalah yang berarti karena anda dapat memilih satu per satu dari semua artikulasi yang ada sehingga anda akan mengetahui artikulasi yang sesuai untuk musik anda.

Terdapat beberapa ornamen switch-key yang dapat ditambahkan ke dalam artikulasi yang anda pilih. Kombinasi antara ornamen dan artikulasi akan membuat hasil musik anda menjadi sangat realistis dan memungkinkan anda untuk menghasilkan suara biola yang sangat indah.

Tampilan Emotional Violin

 

Jendela utama pada emotional violin cukup sederhana dimana pada bagian kiri terdapat artikulasi, sebelah kanan merupakan bagian ornamen, dan pada bagian bawah merupakan portamento tambahan dan pengaturan untuk kecepatan atau velocity dalam permainan. Bagian velocity switch yang terdapat pada emotional violin merupakan switch yang serupa dengan Emotional Cello. Switch ini sangat efektif untuk mengontrol suara tanpa harus menekan tombol apapun, ini memang bagian yang harus dipertahankan dari versi Emotional Cello sebelumnya. Pada bagian jendela utama hanya terdapat dua tombol tambahan yaitu tombol volume atau crossfade dan tombol untuk Dinamic Range.

Bagian Efek

Emotional Violin juga menawarkan efek yang sangat melimpah dan dapat diterapkan dalam semua library yang ada. Di antara efek yang ada, terdapat efek reverb dimana anda dapat memilih berbagai preset reverb untuk suara biola. Pada bagian timbre juga menghadirkan banyak variasi suara dengan pengaturan equalizer yang berbeda untuk anda pilih seperti Warm, Delicate, Silk, dan preset lainnya yang akan menentukan karakter suara biola. Efek lain yang juga penting yaitu 3 Band Equalizer dimana dengan efek ini anda dapat mengatur EQ untuk 3 jenis frekuensi suara. Masing-masing frekuensi tersebut dapat anda naikkan atau boost dan juga dapat anda reduksi dengan efek 3 Band Equalizer ini.

Halaman Expert

Pada halaman expert anda dapat menemukan micortuning dimana pada fitur ini kita dapat melakukan penyetelan secara manual untuk setiap not dan bahkan memilih dari beberapa skala yang telah diprogram. Kontroler lain pada halaman expert yaitu pengaturan Attack dengan pilihan pemrograman, Poly Legato Switch, Legato & Portamento Trimming, dan General Pitch Band Slider.

Konklusi

Emotional Violin dari Best Service ini menghadirkan library yang cukup melimpah dan memiliki karakter suara yang sangat tebal dan natural. Anda bisa mendapatkan suara biola yang sangat berkualitas dan dengan semua fiturnya hanya dalam satu kali klik saja.

Fleksibilitas dan kualitas suara yang ditentukan dari banyaknya artikulasi juga merupakan kelebihan utama dari emotional violin ini. Untuk membuat lagu romantis akan sangat memudahkan anda dengan menggunakan software ini karena telah tersedia patch untuk jenis lagu tersebut. Membuat pola not dengan software ini juga akan sangat mudah bahkan dengan bantuan library itu akan membuat semuanya serba otomatis. Emotional Violin dari Best Service sangat cocok untuk anda produser yang akan membuat musik atau pemain biola yang ingin merekam biola namun terkendala dari segi alat, Emotional Violin menawarkan biola virtual dengan fitur yang sangat melimpah dan suara yang sangat realistis.
-->